ANDRIANI, ADILLA (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN PADA PUSKESMAS DEWANTARA MENGGUNAKAN METODE IMPROTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
Cover jilidd.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK Skripsi dila aniii.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
Skripsi Bab 1 Adilla .pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA JILID ADILLA .pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
ilovepdf_merged (4).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kualitas pelayanan adalah sebuah kinerja yang dapat ditawarkan oleh seseorang kepada orang lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepentingan (importance) dan kepuasan (satisfaction) pasien terhadap kinerja (performance) pelayanan Puskesmas Dewantara dan prioritas atribut dalam kebutuhan pasien dalam kualitas pelayanan di puskesmas dewantara dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Permasalah dalam penelitian ini adalah terdapat keluhan pasien terhadap pelayanan seperti Dalam hal pemeriksaan pasien, informasi kepada pasien yang kurang lengkap, kurangnya jumlah obat-obatan yang lengkap. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan 20 atribut kebutuhan pasien puskesmas yang dikelompokkan ke dalam 5 dimensi pelayanan jasa yaitu : Tangibles, Reability, Responsiveness, Assurance, Empaty yang dibagikan kepada 71 sampel yang telah ditentukan. Dari hasil pengolahan data didaptkan bahwa terdapat 6 urutan prioritas perbaikan kualitas yang harus dilakukan oleh puskesmas dewantara berdasarkan metode IPA, yaitu Puskesmas telah memiliki apotek dengan jumlah obat yang lengkap, Dokter memeriksa pasien dengan sungguh- sungguh, Petugas puskesmas memberikan informasi yang dibutuhkan dengan baik, Petugas menerima dan melayani dengan baik, Petugaas puskesmas selalu sabar menghadapi keluh kesah pasien, Kesediaan petugas untuk meminta maaf bila terjadi kesalahan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management |
Divisions: | Fakultas Teknik > 26201 - Jurusan Teknik Industri |
Depositing User: | ADILLA ANDRIANI |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 06:53 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 06:53 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9253 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |