Akmal, Nur (2024) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI KONSEP KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
NUR AKMAL_190720006_Cover.pdf

Download (39kB)
[img] Text
NUR AKMAL_190720006_Abstrak.pdf

Download (152kB)
[img] Text
NUR AKMAL_190720006_Bab 1.pdf

Download (129kB)
[img] Text
NUR AKMAL_190720006_Daftar Pustaka.pdf

Download (376kB)
[img] Text
NUR AKMAL_190720006_Analisis Kemampuan Representasi Konsep Kimia Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi konsep kimia siswa SMA pada pokok bahasan ikatan kimia. Kemampuan representasi pada materi ikatan kimia perlu dianalisis untuk mengetahui tingkat kemampuan representasi kimia siswa dan kesalahan dalam representasi kimia. Hasil analisis tersebut juga dapat digunakan guru sebagai bahan evaluasi untuk menciptakan pemahaman yang utuh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksploratif. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah siswa SMAN 1 Peusangan, siswa SMAN 1 kutablang dan siswa SMAN 1 Gandapura tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 155 orang siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPAS 3 SMAN 1 Peusangan, siswa XII IPA 1 SMAN 1 Kutablang dan siswa 1 IPAS 1 SMAN 1 Gandapura yaitu sebanyak 68 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen kemampuan representasi kimia. Analisis data menggunakan analisis deskriptif melalui pengimpulan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Secara keseluruhan siswa lebih berhasil merepresentasikan makroskopik dan submikroskopik dibandingkan merepresentasikan simbolik. Persentase kemampuan representasi kimia siswa kelas X IPAS 3 SMAN 1 Peusangan pada representasi makroskopik sebesar 61% dengan kategori baik, kemampuan representasi submikroskopik sebesar 52% dengan kategori cukup, dan kemampuan representasi simbolik yaitu 44% dengan kategori cukup. Selanjutnya Persentase kemampuan representasi siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Kuta Blang pada level makroskopik yaitu 63% dengan kategori baik, kemampuan representasi submikroskopik yaitu 53% dengan kategori cukup, dan kemampuan representasi simbolik yaitu 46% dengan kategori cukup. dan Persentase kemampuan representasi siswa X MERDEKA 1 SMAN 1 Gandapura pada level makroskopik yaitu 64% dengan kategori baik, kemampuan representasi submikroskopik yaitu 65% dengan ketegori baik, dan kemampuan representasi simbolik yaitu 53% dengan kategori cukup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan representasi siswa secara keseluruhan adalah sebesar 54% dengan kategori cukup. Kata Kunci: Kemampuan Representasi, ikatan kimia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur Akmal
Date Deposited: 15 Jan 2025 03:16
Last Modified: 15 Jan 2025 03:16
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9188

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by