Lisatuzzuhra, Lisatuzzuhra (2024) MODAL SOSIAL PERAJIN GERABAH DALAM MEMASARKAN PRODUKSI GERABAH (Studi Kasus di Gampong Me Matang Panyang Kecamatan Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
cover.pdf

Download (476kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (55kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang Modal Sosial Perajin Gerabah Dalam Memasarkan Produksi Gerabah (Studi Kasus di Gampong Me Matang Panyang Kecamatan Tanah Pasir Kabupaten Aceh Utara). Penelitian ini memfokuskan pada modal sosial perajin gerabah dalam memasarkan produk gerabah dan strategi perajin gerabah membangun jaringan sosial bisnis dalam memasarkan produk gerabah. Pada penelitian ini menggunakan teori modal sosial perspektif Putnam. Metode penelitian yaitu metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal sosial perajin gerabah dalam memasarkan produk gerabah adalah pertama, perajin bekerjasama dengan Toke dalam memasarkan produk gerabah; kedua, hubungan kerjasama diikat oleh kepercayaan kedua belah pihak karena sudah saling mengenal dan menetap di lingkungan yang sama dan juga sikap kejujuran kedua belah pihak yang menguatkan rasa saling percaya, ketiga, adanya aturan/norma yang disepakati bersama berkaitan dengan jenis gerabah dan jumlah yang di pesan, harga jual, mekanisme pembayaran, hingga kesepakatan ganti rugi jika gerabah mengalami kerusakan. Strategi perajin gerabah membangun jaringan sosial dalam memasarkan produk gerabah adalah pertama, membangun jaringan melalui hubungan pertemanan sesama perajin gerabah dalam mencari Toke yang bisa menampung produk gerabahnya; kedua, membangun jaringan didasarkan hubungan kekerabatan yang menggeluti usaha pemasaran gerabah; ketiga, mengajak bekerjasama dengan toke dengan menampung produknya, dan menyepakati aturan yang dibuat oleh toke jika memasarkan gerabah melaluinya. Kata Kunci: Perajin Gerabah, Modal Sosial, dan Jaringan Pemasaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201 - Jurusan Sosiologi
Depositing User: Lisatuzzuhra Lisatuzzuhra
Date Deposited: 14 Jan 2025 02:11
Last Modified: 14 Jan 2025 02:11
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9158

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by