Nurdairiah, Nia (2024) Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Strategi Flipped Learning Berbantuan Flipbook Digital Pada Materi Sistem Koloid Di SMA Yayasan Perguruan Keluarga Pematang Siantar. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
NIA NURDAIRIAH_190720027_Cover.pdf

Download (33kB)
[img] Text
NIA NURDAIRIAH_190720027_Abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
NIA NURDAIRIAH_190720027_Bab I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
NIA NURDAIRIAH_190720027_Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB)
[img] Text
NIA NURDAIRIAH_190720027_Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Strategi Flipped Learning Berbantuan Flipbook Digital Pada Materi Sistem Koloid Di SMA Yayasan Perguruan Keluarga Pematang Siantar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Nia Nurdairiah : Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Strategi Flipped Learning Berbantuan Flipbook Digital Pada Materi Sistem Koloid Di SMA Yayasan Perguruan Keluarga Pematang Siantar. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh 2024. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui strategi flipped learning berbantuan flipbook digital pada materi sistem koloid di SMA Yayasan Perguruan Keluarga Pematang Siantar. Strategi flipped leaning memungkinkan siswa untuk mempelajari materi secara mandiri melalui media digital sebelum pembelajaran di kelas, sehingga waktu tatap muka dapat dimanfaatkan untuk diskusi dan kegiatan interaktif yang mendalam. Flipbook digital dipilih karena menyajikan materi secara interaktif dan menarik, yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep abstrak seperti sistem koloid. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI MIPA, dengan total 130 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan flipped learning berbantuan flipbook digital dan XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas untuk memenuhi asumsi statistik, serta uji hipotesis untuk menguji signifikansi perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol. Selain itu, uji n-gain digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 23,53 dan meningkat menjadi 80,41 pada posttest. Sebaliknya, pada kelas rata-rata pretest kontrol adalah 23,16 dan meningkat menjadi 67,13 pada posttest. Analisis uji t dengan software SPSS 27 menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa strategi flipped learning berbantuan flipbook digital memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi flipped learning berbantuan flipbook digital mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa secara signifikan. Strategi ini dapat menjadi alternatif inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kimia. Kata Kunci : Flipped Learning, Flipbook Digital, Kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Nia Nurdairiah
Date Deposited: 10 Jan 2025 03:32
Last Modified: 10 Jan 2025 03:32
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9095

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by