ALFADIL, M. HABIBI (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
M.Habibi Alfadil_200110097_Cover.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
M.Habibi Alfadil_200110097_Abstrak.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
M.Habibi Alfadil_200110097_BAB I.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
M.Habibi Alfadil_200110097_Daftar Pustaka.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
M.Habibi Alfadil_200110097_ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA LHOKSEUMAWE.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas teknologi, dan kemudahan penggunaan terhadap kepuasan pelanggan aplikasi transportasi online di Kota Lhokseumawe, dengan fokus pada dua aplikasi populer, Maxim dan Kooda. Kualitas layanan dan teknologi yang baik diyakini dapat meningkatkan kepuasan pengguna dan mempengaruhi loyalitas pelanggan. Penelitian ini Menggunakan metode EUCS dan skala Likert, data dikumpulkan dari pengguna di tahun 2024 dan dianalisis dengan IBM SPSS. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 pengguna aplikasi Maxim dan Kooda. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan SPSS, serta analisis regresi untuk menguji pengaruh variabel terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas teknologi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan Maxim dan Kooda menunjukkan tingkat kepuasan yang sangat tinggi di sebagian besar indikator. Aplikasi Kooda sedikit lebih unggul dalam hal kelengkapan informasi, sementara Maxim unggul dalam relevansi dan kesesuaian layanan. Penelitian ini mengonfirmasi bahwa kualitas pelayanan dan kualitas teknologi adalah faktor penting dalam meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi transportasi online. Kedua aplikasi menunjukkan kinerja yang baik dalam menyediakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Meskipun terdapat perbedaan kecil, keduanya memberikan pengalaman pengguna yang memadai dan dapat terus berkembang. Disarankan bagi pengembang aplikasi untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan teknologi, khususnya pada aspek yang masih menunjukkan kekurangan. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk menggali lebih dalam pengaruh faktor lain seperti harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil |
Depositing User: | M. Habibi Alfadil |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 02:47 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 02:47 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |