Ramadhan, Reza Novian (2024) PENERAPAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE) DAN LCM (LINEAR CONGRUENT METHOD) DALAM MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG PADA HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
REZA NOVIAN RAMADHAN_200170172_Cover.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
REZA NOVIAN RAMADHAN_200170172_Abstrak.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
REZA NOVIAN RAMADHAN_200170172_Bab 1.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
REZA NOVIAN RAMADHAN_200170172_Daftar Pustaka.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
REZA NOVIAN RAMADHAN_200170172_Penerapan Metode FSM dan LCM Bahasa Jepang.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Di era globalisasi, kemampuan berkomunikasi dalam berbagai bahasa menjadi semakin penting seiring dengan meningkatnya interaksi antarnegara. Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang semakin diminati karena peran Jepang dalam ekonomi, teknologi, dan budaya global. Pembelajaran bahasa Jepang tidak hanya melibatkan penguasaan tata bahasa dan kosakata, tetapi juga pengenalan dan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana, yang sering kali menjadi tantangan bagi pembelajar, terutama dalam hal penghafalan dan pembedaan antarhuruf. Terbatasnya metode pembelajaran interaktif yang efektif dalam membantu pengguna mempelajari karakter-karakter ini semakin memperumit proses penguasaan huruf Hiragana dan Katakana. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan sebuah aplikasi berbasis web yang dapat diakses oleh semua kalangan, baik informal maupun formal. Aplikasi ini menggunakan dua metode utama, yakni Finite State Machine (FSM) dan Linear Congruent Method (LCM). Metode FSM diterapkan untuk mengelola dan memandu alur pembelajaran secara terstruktur, sehingga proses belajar menjadi lebih terorganisir dan mudah diikuti oleh pengguna. Di sisi lain, metode LCM digunakan untuk mengacak soal-soal dalam sesi Latihan dan Quiz, yang dirancang untuk mencegah pengguna menghafal urutan atau pola soal yang muncul secara berulang, sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan framework Next.js dan bahasa pemrograman TypeScript guna memastikan performa yang cepat, responsif, dan aman. Penerapan metode FSM dalam aplikasi ini berhasil memastikan bahwa pengguna mengikuti alur pembelajaran yang terstruktur melalui level-level yang tersedia, meningkatkan pemahaman mereka terhadap huruf Hiragana dan Katakana dengan memastikan mereka menguasai materi secara bertahap. Sementara itu, penggunaan LCM untuk pengacakan soal dalam sesi latihan dan kuis menciptakan variasi soal yang dinamis, mencegah pengguna menghafal pola soal dan memastikan pengalaman belajar yang lebih menantang dan efektif. Pengujian blackbox menunjukkan bahwa kedua metode ini berfungsi dengan sangat baik, dengan akurasi 100%, dan membuktikan bahwa aplikasi ini siap digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 55201 - Jurusan Teknik Informatika |
Depositing User: | Reza Novian Ramadhan |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 02:12 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 02:12 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8899 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |