Adatta, Rizkyari Roa (2024) Analisis BOK dan Nilai Waktu Perjalanan Pada Jalan Sengeda Takengon Kabupaten Aceh Tengah (Studi Kasus Di Jalan Sengeda Kota Takengon). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover.pdf Download (317kB) |
|
Text
Abstract.pdf Download (9kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (138kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (301kB) |
|
Text
SKRIPSI_RIZKYARI ROA ADATTA_180110162.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Jalan Sengeda Takengon merupakan jalan yang berada dalam pusat kota yang menghubungkan berbagai pusat strategis seperti jalan keluar masuk pusat perbelanjaan, kantor, sekolah, dan lain sebagainya. Di waktu-waktu tertentu sering terjadi kemacetan dikarenakan hambatan samping yang mengakibatkan besarnya Biaya Oprasional Kendaraan (BOK) dan terhambatnya waktu perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Biaya Operasional kendaraan dan Nilai Waktu Perjalanan kendaraan pribadi pada ruas tersebut, sehingga dapat diketahui perbandingan manfaat BOK dan Nilai Waktu Perjalanan. Metode yang digunakan untuk menganalisis Biaya Operasional Kendaraan adalah dengan metode Pacific Consultant International (PCI) dan Nilai Waktu Perjalanan menggunakan metode Running Speed Approach. Dari hasil perhitungan diperoleh total BOK rata-rata Jalan Sengeda saat jam sibuk, yaitu untuk mobil penumpang sebesar Rp. 7.378/kend lebih besar dari pada total BOK rata-rata Jalan Sengeda saat jam tidak sibuk, yaitu untuk mobil penumpang Rp. 7.273/kend. Untuk nilai waktu rata-rata mobil penumpang pada Jalan Sengeda saat jam sibuk yaitu Rp. 46.641/jam lebih besar dari nilai waktu rata-rata mobil penumpang pada Jalan Sengeda saat jam tidak sibuk yaitu Rp. 44.629/jam. Dari perbandingan dapat diketahui bahwa selisih BOK dan nilai waktu tidak terlalu jauh pada Jalan Sengeda antara jam sibuk dan tidak sibuk, tetapi harus ditertibkan hambatan sampingnya agar tidak terjadi kemacetan yang berpengaruh terhadap besaran BOK dan Nilai Waktu Perjalanan. Kata Kunci : Biaya Operasional Kendaraan, Nilai Waktu Perjalanan, PCI, Running Speed Approach.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil |
Depositing User: | Rizkyari Roa Adatta |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 02:45 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 02:45 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8817 |
Actions (login required)
View Item |