RIZAL, MUHAMMAD (2024) STRATEGI KOMUNIKASI GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Studi di Sekolah Dasar Negeri 8 Banda Sakti Kota Lhokseumawe). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
COVER .pdf Download (141kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (224kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI RIZAL.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi yang dibangun guru hafidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an pada siswa dan hambatan yang dihadapi guru hafidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an pada siswa. Teori yang digunakan yaitu teori pembelajaran sosial menurut Albert Bandura. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi guru hafidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an Pada Siswa di SD Negeri 8 Banda Sakti Kota Lhokseumawe adalah (a) informative dengan memberikan penerangan tentang tata cara membaca ayat Al-Quran yang benar, dan menentukan Surah dan ayat yang harus dihafal siswa, (b) redundancy dengan mengajarkan membaca dan menghafal Al-Quran bersama secara berulang-ulang hingga beberapa kali sampai siswa bisa memahaminya, (c) canalizing dengan mengatur pola belajar siswa dengan menyetorkan hafalan setiap hari, membentuk kelompok siswa, dan bimbingan belajar secara individu bagi siswa yang lambat dalam belajar tahfiz quran, dan memotivasi siswa dengan pemberian hadiah jika tercapai hafalan Al-Quran, (d) edukatif yang diterapkan guru hafiz dengan berbagi pengalaman tentang kelebihan menjadi tahfiz quran, dan mengadakan perlombaan tahfiz quran untuk menambah pengalaman dan memotivasi belajar siswa, (e) koersif dengan memaksa siswanya untuk mampu menghafal Al-Quran pada Surah dan Ayat yang sudah ditentukan, dan memberlakukan sanksi bagi siswa yang tidak mampu mencapai hafalannya. Hambatan yang dihadapi guru hafidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an pada siswa yaitu (a) perilaku siswa yang tidak tertib, sulit di atur dan suka mengganggu temannya sehingga menghambat proses belajar, (b) waktu belajar sedikit tahfiz quran sedikit hanya empat jam dalam seminggu sehingga proses belajar tidak optimal dan capaian hafalan sangat sedikit, (c) perilaku siswa yang malas mengulang hafalan ketika di rumah sehingga hafalan sebelumnya terlupakan dan tidak mampu menyetorkan hafalannya Kata Kunci: strategi komunikasi, tahfiz quran, guru dan siswa di SD Negeri 8 Banda Sakti, Lhokseumawe
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | RIZAL MUHAMMAD |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 08:01 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 08:01 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8688 |
Actions (login required)
View Item |