ARIANI, DINI (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN KRITERIA WATSON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Dini Ariani cover.pdf Download (33kB) |
|
Text
Dini Ariani abstrak.pdf Download (183kB) |
|
Text
Dini Ariani (bab 1.pdf Download (412kB) |
|
Text
Dini Ariani dapus.pdf Download (421kB) |
|
Text
Dini Ariani.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
DINI ARIANI: Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kriteria Watson Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal HOTS. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS, jenis kesalahan berdasarkan kriteria Watson dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa MAN 3 Aceh Utara kelas X-4 yang berjumlah 14 siswa, selanjutnya subjek yang dipilih sebanyak 6 siswa berdasarkan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa didapatkan 2 dari 14 siswa berkemampuan tinggi dengan persentase 14,285%, 2 dari 14 siswa berkemampuan sedang dengan persentase 14,285% dan 10 dari 14 siswa berkemampuan rendah dengan persentase 71,428%. Dari persentase di atas terlihat bahwa secara keseruhan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di kelas X-4 MAN 3 Aceh Utara tergolong masih rendah. Jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan kriteria Watson meliputi prosedur tidak tepat (inappropriate procedure), data hilang (omitted data), kesimpulan hilang (omitted conclusion), manipulasi tidak langsung (undirected manipulation), masalah hierarki keterampilan (skill hierarchy problem) dan selain ketujuh kesalahan (above other). Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal adalah terutama yaitu faktor ketidakmampuan siswa dalam mengingat, kurangnya waktu dalam mengerjakan soal, kurangnya ketelitian dan kesabaran, dan kurangnya pengalaman latihan terhadap soal yang serupa. Kata Kunci: Kriteria Watson, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa, High Order Thinking Skill
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dini Ariani |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 03:53 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 03:53 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8575 |
Actions (login required)
View Item |