ZUHRA, ANISA (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM AKTIVASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA LHOKSEUMAWE. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.
Text
COVER SKRIPSI CETAK ANISA ZUHRA 2024[1][1].pdf Download (27kB) |
|
Text
ABSTRAK SKRIPSI CETAK ANISA ZUHRA 2024[1][1].pdf Download (16kB) |
|
Text
BAB 1 SKRIPSI CETAK ANISA ZUHRA 2024[1][1].pdf Download (148kB) |
|
Text
DAPUS SKRIPSI CETAK ANISA ZUHRA 2024[1][1].pdf Download (80kB) |
|
Text
SKRIPSI CETAK ANISA ZUHRA 2024[1][1].pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Identitas Kependudukan Digital merupakan wujud digitalisasi dokumen kependudukan, representasi KTP dan KK melalui smartphone/Hp Android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan Implementasi Aktivasi Program Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Lhokseumawe serta hambatan yang dihadapi. Penelitian ini mengikuti indikator George Edward III berfokus pada empat indikator yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian penulis selama dilapangan dapat disimpulkan bahwa Implementasi Aktivasi Program Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Lhokseumawe yaitu dari indikator komunikasi belum mampu berjalan secara optimal, pihak Disdukcapil sudah melakukan sosialisai terkait program ini tetapi tingkat pemahaman masyarakat atau respon masyarakat terkait program ini masih tergolong rendah. Dan dilihat dari indikator sumberdaya yang meliputi sumberdaya manusia masih kurang karna masih banyak mansyarakat yang belum melakukan aktivasi IKD tersebut, dari segi sumberdaya fasilitas dan sumber dana di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Lhokseumawe sudah cukup baik. Dari indikator disposisi Sikap positif dan komitmen dari pimpinan serta staf dinas, yang ditunjang oleh insentif dan pelatihan, meningkatkan motivasi dan kompetensi dalam melaksanakan tugas. Dan dari indikator Struktur birokrasi yang jelas dan prosedur yang efisien memastikan distribusi tugas dan tanggung jawab yang baik. Hambatan yang dihadapi apabila koneksi jaringan buruk maka sistem dan aplikasi tidak dapat diakses.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik |
Depositing User: | Anisa Zuhra |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 02:53 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 02:53 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8537 |
Actions (login required)
View Item |