NOVIYANTI, NOVIYANTI (2018) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PELAYANAN KESEHATAN BADAN PENYELANGGARA JAMINAN SOSIAL MASYARAKAT MISKIN (Studi di RSUD Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara). S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (10kB)
[img] Text
ABSTRAK1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
6. BAB I .pdf

Download (444kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
SKRIPSI FUUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rumusan masalah dalam skripsi ini, yaitu: apakah kebijakan BPJS di RSUD Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara sudah dapat meningkatkan pelayanan yang bermutu bagi masyarakat miskin? dan apa saja kendala yang dihadapi masyarakat miskin terhadap pelaksanaan kebijakan BPJS Kesehatan di RSUD Cut Meutia?. Adapun fokus penelitian ini, yaitu: apakah pelayanan kesehatan BPJS di RSUD Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara terhadap masyarakat miskin ini bisa meningkatkan pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien?, dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi masyarakat miskin terhadap kebijakan BPJS di RSUD Cut Meutia?. Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui kebijakan BPJS di RSUD Cut Meutia Kabupaten Aceh utara sudah dapat meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat miskin dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi masyarakat miskin terhadap pelaksanaan kebijakan BPJS Kesehatan di RSUD Cut Meutia. Metodelogi penelitian dengan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis diskriptif. Hasil penelitian ini, yaitu Pertama: pelayanan kesehatan BPJS di RSUD Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara, bahwa: masih kurang pada aspek bukti fisik (tangibels), pada aspek keandalan (reability) petugas belum dapat memberikan ketepatan waktu sesuai denga standar waktu pelayanan rawat jalan, pada aspek daya tanggap sudah tersedia namun penanganan pengaduan dari pasien masih belum baik dimana terbukti dari data IKM berdasarkan unsur pelayanan penanganan terhadap pengaduan mendapatkan nilai rendah yakni 35,18 dan sementara pelayanan rawat jalan, rawat inap, IGD dilihat dari dimensi lainnya yaitu jaminan dan empati sudah memuaskan dimana tidak terdapat keluhan dari pasien BPJS. Kedua: Kendala-kendala yang dihadapi Masyarakat Miskin terhadap Kebijakan BPJS di RSUD Cut Meutia, yaitu: Ketidaktepatan waktu pelayanan perawat maupun petugas rumah sakit dalam melayani pasien, akurasi pelayanan yang kurang tanggap dalam administrasi Kartu BPJS, kesopanan dan keramahan masih kurang, regulasi Atau Peraturan BPJS Sering Berubah dan sarana dan prasarana masih kurang sehingga masyarakat dirujuk ke rumah sakit pusat atau RSUD Zainal Abidin Banda Aceh maupun rumah sakit di Jakarta. Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, Pelayanan Kesehatan, BPJS, Masyarakat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: Alam Bahari
Date Deposited: 11 Dec 2024 01:23
Last Modified: 11 Dec 2024 01:23
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8508

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by