Raihan, T. (2024) RANCANG BANGUN MARKETPLACE PRODUK KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA UNIMAL BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
T. Raihan_200180164_Cover.pdf Download (135kB) |
|
Text
T. Raihan_200180164_Abstrak.pdf Download (157kB) |
|
Text
T. Raihan_200180164_Bab I.pdf Download (174kB) |
|
Text
T. Raihan_200180164_Daftar Pustaka.pdf Download (153kB) |
|
Text
T. Raihan_200180164_Rancang Bangun Marketpalce Produk Kewirausahaan Mahasiswa Unimal Berbasis.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah aplikasi marketplace berbasis Android yang memfasilitasi kegiatan kewirausahaan mahasiswa Universitas Malikussaleh (UNIMAL). Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan mahasiswa yang berwirausaha untuk memiliki platform yang lebih efektif dalam memasarkan produk mereka. Saat ini, promosi dan transaksi jual beli yang dilakukan mahasiswa terbatas pada media sosial, sehingga jangkauannya tidak optimal. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan solusi dengan menyediakan fitur-fitur seperti pengelolaan produk, pencarian produk, transaksi jual beli, hingga manajemen pesanan yang lebih efisien. Penelitian ini menggunakan metode Waterfall sebagai model pengembangan perangkat lunak yang mencakup tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Pengujian sistem dilakukan dengan metode Black Box Testing dan User Acceptance Test (UAT) untuk memastikan bahwa aplikasi berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna dan bebas dari kesalahan teknis. Teknologi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini meliputi Flutter sebagai Framework pengembangan aplikasi mobile, MySQL untuk pengelolaan basis data, serta PHP dan Laravel sebagai server-side scripting. Hasil penelitian ini adalah terciptanya aplikasi marketplace yang dapat diakses oleh mahasiswa Universitas Malikussaleh untuk memasarkan produk kewirausahaan mereka secara lebih luas. Aplikasi ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi proses jual beli dan memberikan kontribusi dalam memajukan kegiatan kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Implementasi aplikasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam hal pemasaran produk, efisiensi transaksi, serta pengelolaan usaha mahasiswa secara digital. Kata Kunci: Marketplace, Kewirausahaan, Android, Flutter, Laravel.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
Depositing User: | T Raihan |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 08:30 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 08:30 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8419 |
Actions (login required)
View Item |