Haliza, Nur (2024) Pengaruh financial knowledge, financial attitude dan pendidikan orang tua terhadap financial manajemen behavior pada generasi z. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER NURHALIZA.pdf

Download (28kB)
[img] Text
ABSTRAK_NURHALIZA.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB 1_NURHALIZA.pdf

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR REFERENSI_NURHALIZA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
SKRIPSI NUR HALIZA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nur Haliza Program Studi : Manajemen Judul : Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude dan Pendidikan Orang Tua terhadap Financial Manajemen Behavior pada Generasi Z. Generasi Z, yang tumbuh di era digital dengan akses informasi yang luas, tetap sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan contoh yang diberikan oleh orang tua mereka. Dengan populasi generasi Z yang mencapai 72,9 juta orang pada tahun tersebut, angka ini menunjukkan bahwa pemahaman generasi Z tentang konsep keuangan seperti tabungan, pinjaman, asuransi, dan investasi masih tergolong rendah. Tingkat literasi keuangan di bawah 60% ini menandakan perlunya peningkatan edukasi finansial di kalangan generasi muda untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka di masa depan. Penelitian ini menggunakan enis kuantitaif dengan teknik pengambilan data sampel berupa snowball sampling yang kemudian dilakukan penyebaran kuesioner kepada responden yaitu generasi Z yang berada di Kota Lhokseumawe. Analisis data yang digunakan yaitu metode regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel financial knowledge dan pendidikan orang tua memiliki pengaruh, artinya bahwa pengetahuan tentang keuangan serta pendidikan orang tua memiliki pengaruh yang besar terhadap financial management behavior atau perilaku keuangan pada generasi Z di Kota Lhokseumawe, semakin tinggi pengaetahuan tentang keuangan dan juga semakin tinggi pendidikan orang tua maka akan semakin berpengaruh terhadap financial management behevior seseorang. Sedangkan financial attitude tidak memiliki pengaruh, artinya bahwa sikap keuangan tidak memiliki pengaruh terhadap finansial management behavior. Tujuan penelitian ini agar lebih menyadarkan kepada Generasi Z akan pentingnya pengetahuan tentang keuangan serta dapat menajamin kehidupan dimasa yang akan datang. Kata kunci : Financial Management Behavior, Financial Knowledge, Financial Attitude, Pendidikan Orang Tua, Generasi Z ABSTRAC Nama : Nur Haliza Program Studi : Management Judul : The Influence of Financial Knowledge, Financial Attitude and Parental Education on Financial Management Behavior in Generation Z. Generation Z, who grew up in the digital era with wide access to information, is still heavily influenced by the education and examples given by their parents. With a population of generation Z reaching 72.9 million people in that year, this figure shows that generation Z's understanding of financial concepts such as savings, loans, insurance, and investment is still relatively low. The level of financial literacy below 60% indicates the need to improve financial education among the younger generation to improve their economic welfare in the future. This study uses a quantitative type with a snowball sampling data collection technique which is then distributed questionnaires to respondents, namely generation Z in Lhokseumawe City. The data analysis used is the multiple linear regression method and hypothesis testing. The results of the study show that the variables of financial knowledge and parental education have an influence, meaning that knowledge about finance and parental education have a major influence on financial management behavior or financial behavior in generation Z in Lhokseumawe City, the higher the knowledge about finance and also the higher the education of parents, the more influence it will have on a person's financial management behavior. While financial attitude has no influence, meaning that financial attitude has no influence on financial management behavior. The purpose of this study is to make Generation Z more aware of the importance of financial knowledge and to be able to guarantee life in the future. Keywords : Financial Management Behavior, Financial Knowledge, Financial Attitude, Parent Education, Generation Z

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61201 - Jurusan Manajemen
Depositing User: Nur Haliza
Date Deposited: 09 Dec 2024 07:15
Last Modified: 09 Dec 2024 07:15
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8408

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by