Ridha, Nurul (2024) APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK SEKOLAH DASAR BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS : SDIT ISKANDAR MUDA). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Nurul Ridha_200180096_Cover.pdf Download (216kB) |
|
Text
Nurul Ridha_200180096_Abstrak.pdf Download (195kB) |
|
Text
Nurul Ridha_200180096_Bab 1.pdf Download (354kB) |
|
Text
Nurul Ridha_200180096_Daftar Pustaka.pdf Download (312kB) |
|
Text
NURUL RIDHA_200180096.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan mulai menunjukkan dampak positif. Salah satu teknologi yang berpotensi meningkatkan efektivitas pembelajaran adalah Augmented Reality (AR) dimana AR merupakan teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen-elemen digital dalam bentuk visualisasi 3D, yang dapat memperkaya pengalaman belajar. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di SDIT Iskandar Muda bahwa masih ada beberapa siswa khususnya kelas 1 yang mengalami kendala dalam memahami materi pembelajaran bahasa inggris yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Inggris berbasis mobile untuk anak sekolah dasar, dengan studi kasus di SDIT Iskandar Muda. Metode penelitian ini menggunakan metode waterfall yang dimana terdapat 5 tahapan yaitu, analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Aplikasi AR dirancang untuk mempemudah siswa dalam belajar bahasa Inggris dengan mengintegrasikan elemen-elemen interaktif dan visual yang menarik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi AR yang dikembangkan mampu menarik perhatian siswa kelas 1 dan meningkatkan keterampilan bahasa Inggris mereka, terutama dalam aspek kosakata, pengucapan serta penulisan. Evaluasi dilakukan melalui uji coba di kelas dengan adanya Pre Test dan Post Test sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi dimana hasil yang didapat yaitu pre test dengan rata-rata nilai 60,17%, dan setelah menggunakan aplikasi AR nilai post test yaitu 81,72%. Dengan demikian Aplikasi ini menunjukkan respon positif terhadap penggunaan teknologi AR dalam proses belajar mengajar dan diterima baik oleh guru dan siswa sebagai alternatif metode pembelajaran bahasa inggris. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi AR berbasis mobile dapat menjadi alat yang efektif dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar, menawarkan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
Depositing User: | Nurul Ridha Ridha |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 02:45 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 02:45 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8292 |
Actions (login required)
View Item |