Mei, Zuhri Erniza (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (Information and Communication of Technology) MELALUI ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
1.pdf

Download (101kB)
[img] Text
2.pdf

Download (179kB)
[img] Text
3.pdf

Download (104kB)
[img] Text
4.pdf

Download (241kB)
[img] Text
2019_MEI ZUHRI ERNIZA..pdf

Download (10MB)

Abstract

Pendidikan saat ini berada di abad 21 atau dikenal dengan masa pengetahuan (knowledge age). Pendidik dan calon pendiidk harus mampu beradaptasi dengan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan teknologi) dan terampil menggunakan teknologi terutama teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communications af Technology) merupakan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan IPTEK. Media pembelajaran berbasis ICT adalah media pembelajaran berbasis komunikasi dan teknologi yang melibatkan teks, gambar, suara, dan video. Proses pembelajaran di MAS Al- Wasliyah Kisaran belum menggunakan perangkat pembelajaran berbasis information and communication of technology. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon, serta peningkatan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research And Development (R&D) dengan model Borg and Gall dengan delapan tahapan yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Desain uji coba pada penelitian ini adalah one-group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa observasi dan wawancara. Instrumen penlitian berupa angket kelayakan dan tes. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA yang berjumlah 28 orang dan penelitian ini berlokasi di MAS Al-Washliyah Kisaran. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh adalah: (1) Hasil validasi oleh ahli materi dengan kategori “ sangat layak”, hasil validasi oleh ahli bahasa termasuk dalam kategori “sangat layak”, serta hasil validasi oleh media dengan kategori “sangat layak”, (2) Hasil respon guru dengan kategori “sangat baik” dan hasil respon perseta didik dengan kategori “sangat baik”, (3) Uji n-gain yang dilakukan pada siswa kelas XI IPA diperoleh hasil 0,54 masuk dalam kategori “sedang”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis information and communication of technology pada materi usaha dan energi yang dikembangkan layak digunakan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Mei Zuhri Erniza
Date Deposited: 20 Feb 2024 02:54
Last Modified: 20 Feb 2024 02:54
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by