Yanti, Fajri (2019) Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Simulasi Physics Education Tecnology (PhET) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Energi Mekanik Di SMAN 3 Bireuen. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover.pdf Download (209kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (10kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (303kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (411kB) |
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi energi mekanik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan simulasi PhET di SMA Negeri 3 Bireuen. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan jumlah responden sebanyak 52 orang. Instrumen pengumpulan data pemahaman konsep adalah tes. Data dianalisis dengan statistik parametris, yaitu uji-t dengan teknik independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui simulasi PhET terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi energi mekanik di kelas XI SMA Negeri 3 Bireuen. Dan dapat dilihat dari hasil uji independent sample t-test dengan nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,002, artinya nilai Sig (2-tailed) 0,002<0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t-test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan rata-rata postest kelas eksperimen diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), simulasi PhET, Pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mhd. Aqil Al Fikri |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 02:30 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 02:30 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7807 |
Actions (login required)
View Item |