fajar, muhammad dean (2024) indentifikasi pengaruh marketing mix terhadap peningkatan volume penjualan pada UMKM Wina Mandiri. S1 thesis, universitas malikussaleh.

[img] Text
MUHAMMAD_DEAN_FAJAR_190130077_COVER.pdf

Download (38kB)
[img] Text
MUHAMMAD_DEAN_FAJAR_190130077_ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
MUHAMMAD_DEAN_FAJAR_190130077_BAB1.pdf

Download (62kB)
[img] Text
MUHAMMAD_DEAN_FAJAR_190130077_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Muhammad Dean Fajar_190130077_Identifikasi_pengaruh_marketing_mix_terhadap_peningkatan_volume_penjualan_pada_umkm_wina_mandiri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah Wina Mandiri merupakan UMKM Yang bergerak di bidang industri kuliner Bumbu dapur yang telah berdiri sejak 2020 yang beralamat di desa lamkeunung, Kec Darussalam Kab. Aceh Besar ini mengalami penurunan dan ketidakstabilan Tingkat Volume Penjualan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Marketing Mix yang terdiri dari (produk, harga, tempat, promosi, orang, sarana fisik dan proses) terhadap peningkatan volume penjualan pada UMKM wina mandiri dan melihat atau mengindentifikasi variabel yang dominan dalam peningkatan volume penjualan. Penelitian ini menggunakan metode Marketing Mix dengan mengolah data primer berdasarkan kuesioner yang telah diberikan kepada pelanggan UMKM wina mandiri sebanyak 25 responden. Data yang diperoleh diolah menggunakan alat bantu SPSS Versi 23 dan dianalisis menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji linier berganda dan uji statistik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 79,8% variabel independen (produk, harga, tempat, promosi, orang, sarana fisik dan proses) secara Bersama mempengaruhi variabel dependen (peningkatan volume penjualan). Sedangkan sisa 20,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel dengan nilai 9,623 > 2,610 yang berarti variabel independen (produk, harga, tempat, promosi, orang, sarana fisik dan proses) berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan. Hasil uji T menunjukan bahwa variabel independen (produk, harga, tempat, promosi, orang, sarana fisik dan proses) memiliki nilai Thitung > Ttabel. Sehingga variabel yang paling dominan yaitu variabel promosi (X4) dengan nilai signifikasi 0,00 < 0,05

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 26201 - Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Muhammad Dean Fajar
Date Deposited: 13 Nov 2024 07:44
Last Modified: 13 Nov 2024 07:44
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7512

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by