NADIA, SARAH (2024) PEGAWASAN MANAJER PEMASARAN TERHADAP PEMBIAYAAN ARRUM BPKB BAGI NASABAH UMKM UNIT PEGADAIAN SYARIAH MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover Sarah Nadia .pdf Download (4MB) |
|
Text
Abstrak .pdf Download (4MB) |
|
Text
Bab I (Satu) .pdf Download (4MB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (4MB) |
|
Text
SKRIPSI SARAH NADIA.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengawasan Manajer Pemasaran Terhadap Pembiayaan Arrum BPKB Bagi Nasabah UMKM Unit Pegadaian Syariah Meureudu Kabupaten Pidie Jaya”. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah keefektifan kepemimpinan manajer pemasaran dalam menjalankan perannya termasuk dalam hal pengawasan terhadap Pembiayaan Arrum BPKB yang merupakan suatu produk pembiayaan yang bertujuan untuk mendorong UMKM untuk masyarakat melalui pinjaman gadai syariah. Tujuan dari pengawasan tersebut adalah meningkatkan disiplin kerja pegawai serta mengamati apa yang terjadi dan membandingkan dengan apa yang direncanakan untuk secepatnya melaporkan penyimpangan atau hambatan kepada pimpinan yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pegawasan Menejer Pemasaran terhadap Pembiayaan Arrum BPKB bagi Nasabah UMKM pada Unit Pegadaian Syariah Meureudu dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui beberapa tahap yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini mengunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajer pemasaran telah menjalankan perannya secara optimal dengan melakukan pergerakan seperti turun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan studi kelayakan dan memberikan pengarahan kepada calon nasabah. Adapun pembiayaan bermasalah dapat disebabkan karena adanya faktor dari nasabah yang memiliki karakter buruk yaitu tidak melakukan pembayaran angsuran wajib tepat waktu dengan berbagai alasan. Untuk menghadapi hal tersebut, pihak Pegadaian memberikan teguran kepada nasabah secara lisan maupun tertulis, memberikan surat peringatan somasi (I, II dan III), menghubungi via telepon sampai melakukan pelelangan barang jaminan nasabah. Kata Kunci: Pegawasan, Manajemen Pemasaran, Pembiayaan, Nasabah UMKM, Pegadaian Syariah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik |
Depositing User: | Sarah Nadia |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 02:46 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 02:46 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7511 |
Actions (login required)
View Item |