Sukron, Guru Mangaloksa (2024) Pengaruh Penambahan Lateks Pada Campuran Aspal AC-WC Dengan Abu Vulkanik Sebagai Filler Terhadap Karakteristik Marshall. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
SUKRON GURU MANGALOKSA_180110141_Cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
SUKRON GURU MANGALOKSA_180110141_Abstrak.pdf

Download (15kB)
[img] Text
SUKRON GURU MANGALOKSA_180110141_Bab I.pdf

Download (24kB)
[img] Text
SUKRON GURU MANGALOKSA_180110141_Daftar Pustaka.pdf

Download (81kB)
[img] Text
SUKRON GURU MANGALOKSA_180110141_PENGARUH PENAMBAHAN LATEKS PADA CAMPURAN ASPAL AC-WC DENGAN ABU VULKANIK SEBAGAI FILLER TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL_Full-Text.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saat ini lalu lintas mengalami pertumbuhan yang pesat dan mengakibatkan kelebihan beban pada perkerasan, sehingga dibutuhkan struktur lapisan perkerasan yang tangguh dalam menopang beban lalu lintas, termasuk lapisan aus Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC). Solusi alternatif untuk meningkatkan daya aus lapisan perkerasan AC-WC adalah dengan mencampurkan lateks dan abu sinabung pada campuran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dan variasi dengan kinerja terbaik dari bahan tambah lateks dan pemanfaatan abu sinabung sebagai filler terhadap karakteristik marshall pada campuran AC-WC. Menggunakan metode eksperimental pada variasi kadar aspal 4,3%; 4,8%; 5,3%; 5,8%; dan 6,3% dengan filler abu sinabung sebesar 50% pada seluruh benda uji. Kadar Aspal Optimum (KAO) diperoleh sebesar 6%, yang divariasikan dengan bahan tambah lateks sebesar 1,5%; 3%; dan 4,5% terhadap KAO. Dari hasil pengujian diperoleh: variasi 0% menghasilkan nilai VMA 15,65%, VIM 4,82%, VFA 69,18%, stabilitas 1386 kg, dan flow 3,03 mm; variasi 1,5% menghasilkan nilai VMA 15,59%, VIM 4,55%, VFA 70,79%, stabilitas 1538 kg, dan flow 3,47 mm; variasi 3% menghasilkan nilai VMA 15,54%, VIM 4,3%, VFA 72,3%, stabilitas 1659 kg, dan flow 3,82 mm; dan variasi lateks 4,5% menghasilkan nilai VMA 15,52%, VIM 4,09%, VFA 73,7%, stabilitas 1816 kg, dan flow 4,2 mm. Maka dapat disimpulkan seiring penambahan lateks menghasilkan rongga campuran yang semakin kecil namun memperkuat daya ikat agregat yang membuat kepadatan dan kestabilan meningkat, sehingga menghasilkan perkerasan dengan daya aus tinggi namun plastis. Maka dari itu, diperoleh variasi dengan kinerja terbaik dan layak diaplikasikan pada lapisan perkerasan AC-WC, yaitu variasi 1,5% dan 3%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Sukron Guru Mangaloksa
Date Deposited: 19 Feb 2024 08:27
Last Modified: 19 Feb 2024 08:27
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/751

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by