FRIATNA, IRA MIRDA (2024) MOTIF ORANG TUA DALAM MENYEKOLAHKAN ANAK PADA LEMBAGA PENDIDIKAN MADRASAH (Studi Kasus Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Aceh Barat Daya). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER IRA.pdf Download (173kB) |
|
|
Text
ABSTRAK IRA.pdf Download (187kB) |
|
|
Text
BAB 1 IRA.pdf Download (197kB) |
|
|
Text
DAPUS IRA.pdf Download (249kB) |
|
|
Text
SKRIPSI IRA MIRDA FRIATNA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang Motif Orang Tua Dalam Menyekolahkan Anak Pada Lembaga Pendidikan Madrasah (Studi Kasus Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Aceh Barat Daya). Penelitian ini memfokuskan pada motif yang mendorong orang tua di Gampong Kota Bahagia menyekolahkan anaknya ke Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Aceh Barat Daya dan keunggulan yang dimiliki Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan teori struktural fungsionalisme perspektif Talcott Parsons dengan konsep AGIL yakni adaptation, goal, integration, latency (patternof maintenance). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif orang tua menyekolahkan anaknya ke Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Aceh Barat Daya adalah (a) ingin anaknya mampu membaca al-Quran dengan adanya program belajar al-Quran; (b) ingin anak memiliki keterampilan diluar program belajar formal seperti keterampilan tarian, rapai, berpidato hingga kaligrafi, dan; (c) pengaruh guru pendidik yang melaksanakan promosi sekolah pada orang tua, guru dari kalangan ustaz dan ustazah, aktif dibidang keagamaan hingga memiliki akhlak mulia dan dipandang layak menjadi guru pendidik oleh orang tua. Keunggulan yang dimiliki Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Aceh Barat Daya adalah (a) adanya program tahsin dan tahfizul quran yang sering dilakukan bersamaan mata pelajaran al-Quran dan hadits, (b) program muhadharah antar kelas setiap hari Jumat akhir bulan; (c) program belajar kreatif atau ekstrakurikuler yang sering dilaksanakan diluar jam pembelajaran sekolah dalam meningkatkan keterampilan siswa yang nanti dipersiapkan untuk mengikuti ajang perlombaan ditingkat kabupaten hingga provinsi.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201 - Jurusan Sosiologi |
| Depositing User: | Ira Mirda Friatna |
| Date Deposited: | 11 Sep 2025 06:39 |
| Last Modified: | 11 Sep 2025 06:39 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7387 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




