Sari, Khairina (2024) ANALISIS PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP MATERI ASAM BASA DENGAN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE DI KELAS XII MIPA SMA KABUPATEN ACEH UTARA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover skripsi Khairina Sari.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Abstrak Khairina Sari.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Khairina Sari 170720026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

KHAIRINA SARI: Analisis Pemahaman Peserta Didik Terhadap Materi Asam Basa Dengan Tes Diagnostik Four-Tier Multiple Choice Di Kelas XII MIPA SMA Kabupaten Aceh utara. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2024 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kesulitan belajar peserta didik terhadap tingkat pemahaman, yaitu paham konsep,tidak paham konsep, miskonsepsi, dan error yang dialami oleh peserta didik kelas XII MIPA SMAN pada Kabupaten Aceh Utara terhadap materi Asam Basa yang menggunakan tes diagnostik Four-Tier Multiple Choice. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi alam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas XII MIPA di Kabupaten Aceh Utara. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA SMAN 1 Cot Girek, SMAN 2 Lhoksukon, SMAN 6 Lhokseumawe dan SMAN 1 Gandapura yang berjumlah 180 orang dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan adalah mengolah dan mendeskripsikan data dengan statistik deskriptif. Hasil analisis data penelitian menunjukkan tes diagnostik Four-Tier Multiple Choice mampu mengidentifikasi pemahaman konesp peserta didik dan dapat menelusuri konsep alternatif peserta didik dari pilihan jawaban dominan dalam tes tersebut yang tidak sesuai dengan konsep. Kesimpulan dari hasil analisi penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas XII MIPA pada Kabupaten Aceh Utara terdapat 4% peserta didik paham konsep, sebanyak 40% tidak paham konsep, sebanyak 47% miskonsepsi dan sebanyak 9% error dalam materi Asam Basa. Kata kunci : Asam Basa, Four-Tier Tes, Pemahaman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Khairina Sari
Date Deposited: 07 Nov 2024 05:25
Last Modified: 07 Nov 2024 05:26
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7381

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by