MUSTAFA, NURHADIA (2024) ANALISIS PRINSIP KESANTUNAN DALAM INTERAKSI BERBAHASA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK PERTIWI UJUNG GADING KECAMATAN LEMBAH MELINTANG. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (664kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK NURHADIA MUSTAFA: Analisis Prinsip Kesantunan dalam Interaksi Berbahasa Anak Usia 4-6 Tahun di TK Pertiwi Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pematuhan dan pelanggaran, faktor-faktor, dan solusi yang dapat dalam mengatasi pelanggara n prinsip kesantunan berbahasa anak usia 4-6 tahun dalam melakukan interaksi di TK Pertiwi Ujung Gading. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini adalah tuturan dari interaksi berbahasa anak usia 4-6 tahun di TK Pertiwi Ujung Gading. Sumber data penelitian ini adalah anak usia 4-6 tahun, orang tua anak, dan guru kelas. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik simak libat cakap dan teknik wawancara (interview). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan simpulan (conclusion) Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 21 data pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yang terbagi menjadi 8 data maksim kebijaksanaan, 2 data maksim kedermawanan, 2 data maksim penerimaan, 2 data maksim kerendahan hati, 3 data maksim kesetujuan, dan 4 data maksim kesimpatian. 17 data pelanggaran prinsip kesantunan yang terbagi menjadi 12 data maksim kebijaksanaan, 2 data maksim kerendahan hati, dan 3 data maksim kesetujuan. Bentuk pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan paling dominan sering terjadi pada maksim kebijaksanaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesantunan berbahasa anak usia 4-6 dalam melakukan interaksi di TK Pertiwi Ujung Gading adalah faktor hubungan keluarga, lingkungan (interaksi sosial), dan pengaruh media berupa handphone. Solusi dalam mengatasi pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa anak usia 4-6 tahun di TK Pertiwi Ujung Gading dengan mengkondis ikan penggunaan bahasa dan membiasakan anak untuk saling bersikap menghargai baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Kata Kunci : prinsip kesantunan, interaksi berbahasa, anak usia 4-6 tahun ABSTRACT NURHADIA MUSTAFA: Analysis of Politeness Principles in Language Interaction Among Children Aged 4-6 Years at TK Pertiwi Ujung Gading, Lembah Melintang Subdistrict. Indonesian Language Education Program, FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. This research aims to describe the forms of adherence and violations, factors, and solutions that can be implemented to address violations of the politeness principle in the language of children aged 4-6 years in interactions at TK Pertiwi Ujung Gading. This research uses a qualitative research type. The data for this study are the utterances from language interactions of children aged 4-6 years at TK Pertiwi Ujung Gading. The data sources for this research are children aged 4- 6 years, their parents, and class teachers. The data collection techniques used in this research are participatory observation and interview techniques. The data analysis techniques in this research are data reduction, data display, and conclusion drawing. The results of this study show that there are 21 instances of adherence to the politeness principle, divided into 8 instances of the wisdom maxim, 2 instances of the generosity maxim, 2 instances of the acceptance maxim, 2 instances of the humility maxim, 3 instances of the agreement maxim, and 4 instances of the sympathy maxim. There are 17 instances of violations of the politeness principle, divided into 12 instances of the wisdom maxim, 2 instances of the humility maxim, and 3 instances of the agreement maxim. The most dominant forms of adherence and violations of the politeness principle occur in the wisdom maxim. The factors influencing the politeness in the language of children aged 4-6 in interactions at TK Pertiwi Ujung Gading are family relationships, environmental factors (social interactions), and media influence such as mobile phones. Solutions to address violations of the politeness principle in the language of children aged 4-6 years at TK Pertiwi Ujung Gading include conditioning language use and encouraging children to respect one another both within the family environment and in the community. Keywords: politeness principles, language interaction, children aged 4-6 years

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201 - Jurusan Sastra Indonesia
Depositing User: Mhd. Aqil Al Fikri
Date Deposited: 04 Nov 2024 01:34
Last Modified: 04 Nov 2024 01:34
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/6987

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by