Siagian, Duma Fitria Utami (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK PENDIDIKAN ANAK PENYANDANG DISABILITAS DI KOTA LHOKSEUMAWE. S2 thesis, universitas malikussaleh.
Text
cover tesis Duma (1).pdf Download (175kB) |
|
Text
abstrak tesis Duma (1).pdf Download (153kB) |
|
Text
Bab 1 Tesis Duma.pdf Download (381kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA tesis Duma (1).pdf Download (389kB) |
|
Text
tesis duma Full .pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
Abstract
Indonesia adalah Negara yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia tanpa diskriminasi sesuai dengan Konstitusi Negara Republik Indonesia Pasal 28B (2). Pasal 31 UUD 1945 juga menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatan Pendidikan, termasuk bagi anak penyandang disabilitas. Di Kota Lhokseumawe terdapat 3 Sekolah Luar Biasa (SLB) yang dengan jumlah siswa sebanyak 260 siswa dan tenaga pengajar berjumlah 90. Hal tersebut menimbulkan kesenjangan antara jumlah siswa dan jumlah tenaga pendidik. Maka tidak jarang hak pendidikan anak penyandang disabilitas belum terpenuhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perlindungan hukum terhadap hak Pendidikan anak penyandang disabilitas di Kota Lhokseumawe serta faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan perlindungan hukum terhadap hak Pendidikan anak disabilitas dan upaya dalam melaksanakan perlindungan hukum terhadap anak penyandang disabilitas. Metode penelitian ini adalah jenis kualitatif dengan pendekatan hukum empiris yang berlokasi di Kota Lhokseumawe, sumber data dalam penelitian ini berasal dari 2 sumber yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan data digunakan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi, analisis data melalui metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian penulis perlindungan hukum bagi penyandang disabilitas di Kota Lhokseumawe hingga kini belum dapat dikatakan baik, lhokseumawe belum memiliki qanun perihal hak penyandang disabilitas sehingga dalam pemberian hak disabilitas belum terpenuhi misalnya saja hak pendidikan yang memerlukan aksesibiltas yang harus cukup sesuai dengan kebutuhan masing�masing disabilitas seperti tenaga pengajar, fasilitas dan sarana pembelajaran. Belum terpenuhinya fasilitas pengajaran akan berdampak kepada hak Pendidikan anak disabilitas dalam mengembangkan minat dan bakat anak penyandang disabilitas sehingga mengakibatkan terhambatnya anak penyandang disabilitas dalam mengembangkan bakat dan minatnya. Diharapkan kepada Pemerintah Kota Lhokseumawe untuk dapat merancang sebuah qanun perihal anak disabilitas sehingga pelaksanaan pemenuhan hak-hak dapat terwujud nyata, kemudian kepada para tenaga pendidik untuk dapat terus berupaya memberikan yang terbaik dalam pemenuhan hak pendidikan anak disabilitas sehingga mereka dapat menemukan potensi minat dan bakatnya sama seperti anak pada umumnya.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Pascasarjana > 74101 - Magister Hukum |
Depositing User: | Duma Duma siagian Siagian |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 03:12 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 03:12 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/6860 |
Actions (login required)
View Item |