Widia, Sarah (2024) Optimalisasi Pelayanan Pada Perusahaan Umum Daerah Kabupaten Aceh Utara. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Widia Sarah_200210014_cover.pdf Download (420kB) |
|
Text
widiasarah_200210014_abstrak.pdf Download (479kB) |
|
Text
Widia Sarah_200210014_Bab 1.pdf Download (547kB) |
|
Text
Widia_Sarah_Daftar pustaka.pdf Download (584kB) |
|
Text
skripsi full_200210014.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pelayanan merupakan suatu hal yang mutlak dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan Undang-Undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan atau pelayanan administratif yang telah disediakan oleh para penyelenggara pelayanan publik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana optimalisasi pelayanan PERUMDA Kabupaten Aceh Utara pada Tangible (Berwujud), Responsiviness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan) dan Emphaty (Empati) dan untuk mengetahui penghambat pelayanan di PERUMDA Kabupaten Aceh Utara. Pendekatan yang digunakan menggunakan pengumpulan data kualitatif tipe deskriptif. Metode pengumpulan data berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori pelayanan publik menurut Zeithalm dan Berry (dalam Hardiansyah 2019: 228-234). Indikator-indikator dalam pelayanan publik adalah Tangibles, Reability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Hasil penelitian ini bahwa Optimalisasi Pelayanan PERUMDA Tirta Pase Kabupaten Aceh Utara dilihat masih perlu ditingkatkan dalam hal menanggapi dan menangani masalah pelayanan, sarana dan prasarana yang tersedia masih kurang memadai. Contohnya adalah kurang kursi menunggu untuk pelanggan yang hendak melakukan transaksi pada loket pembayaran. Pelayanan yang diberikan oleh PERUMDA belum dapat dikatakan baik, hal ini dikarenakan rendahnya daya tanggap dan empati dari petugas dalam menyelesaikan permasalahan dilapangan yang seharusnya bertujuan untuk meningkatkan pelayanan yang optimal. Hambatan dalam penelitian ini bisa dilihat bahwa dari segi musim kemarau, PERUMDA Tirta Pase mengalami kesulitan mendapatkan air, sehingga debit mata air berkurang dan kering. Pada musim hujan, kekeruhan air meningkat hingga melampaui kapasitas pengolahan air, sehingga operasi pengolahan air dihentikan. Faktor eksternal perusahaan selanjutnya adalah pemadaman listrik PLN (Perusahaan Listrik Negara). Ini dapat menghambat pelayanan PERUMDA untuk memasok listrik untuk menjalankan operasional pelayanan. Kata Kunci: Optimalisasi, Pelayanan, Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PERUMDA)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik |
Depositing User: | Widia Sarah |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 03:53 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 03:53 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/6681 |
Actions (login required)
View Item |