IRFAN, SAID (2024) RANCANG BANGUN DAN ANALISA STRUKTUR BALANCE BIKE ROTAN DENGAN BEBAN MAKSIMAL 15 KG. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (166kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text
SAID IRFAN (180120086).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan Balance Bike (BB) terhadap proses belajar mandiri bersepeda. Permasalahan penelitian terfokus pada perancangan dan pembuatan sepeda keseimbangan rotan yang nyaman dan aman untuk anak usia 3-5 tahun. Kajian dibatasi pada desain spesifik rangka utama dan aksesoris pendukungnya. Metodologi penelitian meliputi tinjauan pustaka, analisis produk, perancangan komponen, analisis kekuatan material, serta pembuatan dan perakitan sepeda keseimbangan. Kajian tersebut diambil dari bidang desain rangka sepeda, fungsi keseimbangan sepeda, serta sifat dan pemanfaatan rotan. Temuan penelitian ini bertujuan untuk menawarkan rangka sepeda anak baru yang ramah lingkungan dan menampilkan keunikan rotan sebagai bahan rangka sepeda. Signifikansi studi ini terletak pada memberikan wawasan mengenai proses pembuatan sepeda keseimbangan dan penghematan biaya melalui penggunaan rotan. Hasil penelitian juga memberikan kontribusi terhadap pemanfaatan rotan sebagai material dan analisis struktur Rotan Balance Bike. Dari Analisa manual diberi beban 15 kg pada seat stay dan tranmisi gaya pada seat stay 61.29 N, pada chain stay 119.093 N, pada down tube 125.10 N, pada head tube 178.44 N, dan pada fork 13.38 N. Untuk menghitung tegangan pada setiap bagian tube adalah dengan cara membagikan tekanan dengan luas penampang pada masing-masing tube maka didapatkan hasil tegangan chain stay 0.04 N/mm2, seat stay 0.48 N/mm2, down tube 0.09 N/mm2, head tube 0.07 N/mm2, fork 0.03 N/mm2. Untuk memperjelas analisis balance bike diuji Kembali dengan menggunakan Autodesk Inventor, hasil simulasinya adalah pada beban 15 kg, von mises stress 1.164 MPa, displacement 0.0308 mm, dan safety factor 15 Kata Kunci: Sepeda Balance, Rotan, Rangka Sepeda, Kekuatan Material, Ramah Lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > 21201 - Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Said Irfan
Date Deposited: 25 Sep 2024 08:15
Last Modified: 25 Sep 2024 08:15
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/6347

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by