KHOIRUNNISA, ARJU (2023) Analisa Pencahayaan Alami Ruang Kelas pada Sekolah SMA N-1 Tanjung Pura Menggunakan Dialux Evo 11.1. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
ARJU KHOIRUNNISA_190160012_Cover.pdf Download (125kB) |
|
Text
ARJU KHOIRUNNISA_190160012_Abstrak.pdf Download (266kB) |
|
Text
ARJU KHOIRUNNISA_190160012_Bab I.pdf Download (281kB) |
|
Text
ARJU KHOIRUNNISA_190160012_Daftar Pustaka.pdf Download (241kB) |
|
Text
ARJU KHOIRUNNISA_190160012_ANALISA PENCAHAYAAN ALAMI RUANG KELAS PADA SEKOLAH SMA N-1 TANJUNG PURA MENGGUNAKAN DIALUX EVO 11.1.pdf Download (8MB) |
Abstract
Pencahayaan alami (Daylighting) merupakan penggunaan cahaya alami sebagai sumber utamanya matahari untuk pencahayaan. Dalam lingkungan pendidikan, ruang kelas adalah ruang yang paling sering digunakan dibandingkan dengan ruang lainnya. Oleh karena itu, diperlukan pencahayaan yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di dalamnya. Berdasarkan pengamatan di SMA N-1 Tanjung Pura, ruang kelas cenderung memiliki tingkat pencahayaan yang rendah, yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti vegetasi, bangunan sekitar, dan keterbatasan lahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pencahayaan alami, khususnya faktor pencahayaan alami (daylight factor), di ruang kelas SMA N-1 Tanjung Pura sesuai dengan standar SNI 03-6197-2011, yang menetapkan tingkat pencahayaan sebesar 350 Lux. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengukur tingkat pencahayaan menggunakan Lux meter dan melakukan simulasi komputer dengan perangkat lunak Dialux Evo 11.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa ruang kelas tidak memenuhi standar karena memiliki tingkat pencahayaan yang lebih rendah atau lebih tinggi daripada yang ditetapkan dalam standar tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Fakultas Teknik > 23201 - Jurusan Teknik Arsitektur |
Depositing User: | Arju Khoirunnisa |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 02:59 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 02:59 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/629 |
Actions (login required)
View Item |