Maulidawati, Yuni (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS GAYA BELAJAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SUHU DAN KALOR. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
YUNI MAULIDAWAATI_200730006_COVER.pdf Download (19kB) |
|
Text
YUNI MAULIDAWATI_200730006_Abstrak.pdf Download (11kB) |
|
Text
YUNI MAULIDAWATI_200730006_BAB I.pdf Download (224kB) |
|
Text
YUNI MAULIDAWATI_200730006_Daftar Pustaka.pdf Download (237kB) |
|
Text
YUNI MAULIDAWATI_200730006_PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS GAYA BELAJAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SUHU DAN KALOR.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
YUNI MAULIDAWATI: Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Gaya Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Suhu Dan Kalor. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran fisika di kelas VII SMP Negeri 1 Lhokseumawe. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran peningkatan pemahaman konsep siswa setelah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berdasarkan gaya belajar siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design dengan metodologi penelitian Quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lhokseumawe. Terdapat dua kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yang kelas VII E dan kelas VII F. Instrumen yang digunakan adalah pretest dan posttest untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan di setiap aspek. Berdasarkan perolehan N-gain kelas eksperimen, aspek mengklasifikasikan menghasilkan peningkatan nilai paling tinggi dengan nilai N-gain sebesar 0,78 dengan kategori tinggi. Selain itu, aspek lain yang memperoleh kategori tinggi adalah aspek mencontohkan dengan nilai 0,74. Aspek meringkas kategori tinggi sebesar 0,71. Unsur menjelaskan kategori sedang mempunyai skor 0,56. Aspek interpretasi kategori sedang sebesar 0,38. Pada kategori rendah, aspek menjelaskan dengan nilai 0,29. Faktor pembanding sebesar 0,17 terdapat pada kategori rendah. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lhokseumawe dapat meningkatkan pengetahuan konsep materi suhu dan kalor dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Project Based Learning yang didasarkan pada gaya belajar siswa. Kata Kunci: PjBL, Gaya Belajar, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Yuni Maulidawati |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 06:17 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 06:17 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5983 |
Actions (login required)
View Item |