Fajria, Nisa (2024) DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-MODUL BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATERI BILANGAN REAL KELAS X DKV SMK NEGERI 1 LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Nisa Fajria_190710009_Cover.pdf Download (172kB) |
|
Text
Nisa Fajria_190710009_Abstrak.pdf Download (255kB) |
|
Text
Nisa Fajria_190710009_Bab 1.pdf Download (503kB) |
|
Text
Nisa Fajria_190710009_Daftar Pustaka.pdf Download (379kB) |
|
Text
Nisa Fajria_190710009_Desain Media Pembelajaran Berbasis E-Modul Berbantuan Flip PDF Corporate Edition Pada Materi Bilangan Real.pdf Download (7MB) |
Abstract
NISA FAJRIA : Desain Media Pembelajaran Berbasis E-Modul Berbantuan Flip PDF Corporate Edition Pada Materi Bilangan Real Kelas X DKV SMK Negeri 1 Lhokseumawe. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Kurangnya kemampuan konsep dasar matematis peserta didik terhadap materi-materi yang diajarkan terutama pada materi bilangan real dikarenakan materi bilangan real merupakan salah satu materi yang sulit dipahami oleh peserta didik, beberapa guru yang mengajar masih terkesan monoton sehingga mangakibatkan minat belajar peserta didik berkurang, dan peserta didik mengalami kendala jika pembelajaran menggunakan jaringan (online) dalam proses belajar. Untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan dari penggunaan media pembelajaran berbasis E-Modul dengan berbantuan Flip PDF Corporate Edition. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) atau penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4-D (four-D). Langkah-langkah model pengembangan 4-D (four-D) terdiri dari 4 tahapan pengembangan, yaitu define, design, develop dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 ahli media, 2 ahli materi, uji coba kelompok kecil 7 peserta didik dan uji coba kelompok besar 21 peserta didik. Hasil validasi ahli media sebesar 87,5 % dan hasil validasi ahli materi sebesar 91,87% dengan kategori “Sangat Valid“. Hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan 7 orang peserta didik kelas X memperoleh persentase sebesar 96,06% dengan kategori “Sangat Praktis“.Uji coba kelompok besar dengan 21 orang peserta didik memperoleh hasil persentase sebesar 85,71% dengan kategori “Sangat Efektif”. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-Modul berbantuan Flip PDF Corporate Edition pada materi bilangan real dinyatakan sangat valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Bilangan Real, E-Modul, Flip PDF Corporate Edition
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nisa Fajria |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 03:42 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 03:42 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/581 |
Actions (login required)
View Item |