SAHRIANI, BR BANGUN (2024) EFEKTIVITAS PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL ACEH TAMIANG. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
SAHRIANI BR BANGUN_200210040_Cover.pdf

Download (153kB)
[img] Text
SAHRIANI BR BANGUN_200210040_Abstrak.pdf

Download (822kB)
[img] Text
SAHRIANI BR BANGUN_200210040_Bab 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SAHRIANI BR BANGUN_200210040_Daftar Pustaka .pdf

Download (742kB)
[img] Text
SAHRIANI BR BANGUN_200210040_EFEKTIVITAS PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK(KIA) DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL ACEH TAMIANG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Efektivitas Pelayanan Kartu Identitas Anak untuk mendeskripsikan kurangnya ketersedian & keterbukaan informasi prosedur pelayanan KIA, masih minimnya edukasi dan sikap masyarakat terhadap Kartu Identitas Anak (KIA). Kurang efektivitasnya Program “Jemput Bola” dalam menyampaikan informasi tentang manfaat KIA. Penelitian ini menggunakan teori Martina dan Hari Lubis terdapat 3 aspek yaitu Pendekatan sasaran, Pendekatan sumber, dan Pendekatan proses. Tujuan dari penelitian menganalisiskan proses pelayanan Kartu Identitas Anak dan hambatan pelayanan Kartu Identitas Anak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Aceh Tamiang. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan Pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Aceh Tamiang sudah terlaksana sejak tahun 2019, Efektifitas Pelayanan Kartu Identitas Anak Disducapil Aceh Tamiang dalam meningkatkan pelayanan publik menunjukkan dapat dilihat dari persyaratan, sistem mekanisme dan prosedur, jangka waktu penyelesaian, biaya/tarif, sarana, prasarana, kompetinsi pelaksana, Berdasarkan fenomena persyaratan KIA yang belum di ketahui oleh masyarakat menyebabkan pemohon mengalami kebingungan dan harus kembali untuk melengkapi persyaratan. Sistem, mekanisme dan prosedur Disducapil Aceh Tamiang belum baik hal ini di lihat dari banyaknya masyarakat belum mengetahui prosedur dan tidak mendapatkan informasi yang jelas dan lengkap KIA. Sarana dan prasarana perlu di tingkatkan. Hal ini menyebabkan pelayanan menjadi kurang efisien dalam pelaksanaan pelayanan, dan hambatan pelayanan yang di ukur berdasarkan teori Martina dan Hari Lubis terdapat 3 aspek yaitu pendekatan proses terdapat adanya pegawai yang kurang baik dalam menyampaikan informasi, pendekatan sasaran sangat minimnya sosialisasi sehingga pemahaman serta pegetahuan masyarakat terhadap masyarakat Kartu Identitas Anak (KIA) sangat kurang, pendekatan sumber terdapat kurangnya sumber daya manusia dalam layanan kartu identitas anak, sumberdaya finansial juga sangat tidak memadai, dan sarana prasana masih perlu di tingkatkan. Penelitian ini menyimpulkan Efektivitas pelayanan KIA di Disdukcapil Aceh Tamiang belum optimal karena kurangnya sosialisasi, kompetensi petugas, sarana prasarana, dan anggaran. Untuk meningkatkan efektivitas pelayanan, perlu dilakukan sosialisasi baik ke sekolah, puskesmas, berbagai media, melibatkan kegiatan masyarakat, pelatihan petugas, peningkatan sarana prasarana, dan anggaran khusus pemerintah. Kata Kunci: Efektifitas, Pelayanan, Kartu Identitas Anak (KIA), Publik, Program.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: Sahriani Br Bangun
Date Deposited: 16 Feb 2024 03:47
Last Modified: 16 Feb 2024 03:47
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/555

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by