Arindi, Indira (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover.pdf Download (21kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (10kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (121kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (157kB) |
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan teknologi yang masih jarang digunakan dalam proses pembelajaran matematika, khususnya teknologi media pembelajaran Assemblr Edu yang masih awam bagi guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran Assemblr Edu berbasis Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 di SMP Negeri 6 Lhokseumawe. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan tes kemampuan literasi numerasi. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen validasi ahli media, ahli materi, angket respon siswa, dan tes kemampuan literasi numerasi. Subjek penelitian meliputi ahli media, ahli materi, siswa kelompok kecil, dan siswa kelompok besar. Desain uji coba diberikan kepada kelompok kecil yang terdiri dari 6 siswa kelas VIII-4 dan uji coba kelompok besar yang terdiri dari 21 siswa kelas VIII-6. Berdasarkan hasil penilaian validasi ahli media dengan rata-rata sebesar 84.82% dan ahli materi dengan rata-rata sebesar 91.25%, produk media pembelajaran Assemblr Edu berbasis Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa dinyatakan sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian angket respon siswa kelompok kecil sebesar 95.05%, siswa kelompok besar 92.26%, dan hasil penilaian observer sebesar 93.75% dinyatakan sangat praktis. Berdasarkan hasil tes kemampuan literasi numerasi siswa dinyatakan sangat efektif dengan rata-rata sebesar 90.47%. Berdasarkan uraian tersebut hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Assemblr Edu berbasis Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Indira Arindi |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 02:35 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:35 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5240 |
Actions (login required)
View Item |