HAKIM, MAULISA (2024) PENGARUH FASILITAS WISATA, DAYA TARIK WISATA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA OBJEK WISATA ARUNG JERAM LUKUP BADAK TAKENGON. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
cover.pdf Download (77kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (93kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (274kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (335kB) |
|
Text
SKRIPSI LISA CETAK FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga begitu banyak potensi pariwisata yang dapat diciptakan di setiap daerah yang mampu mendatangkan wisatawan sekitar dan luar. Salah satu tujuan pengunjung terbaru di Aceh Tengah adalah arung jeram, yang menawarkan wisata berbasis alam yang dapat memacu adrenalin para pelancong. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas wisata, daya tarik wisata dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengunjung Wisata Arung Jeram Lukup Badak Takengon. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diambil dari sampel berjumlah 100 orang responden menggunakan nonprobility sampling dengan teknik accidental sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS 24. Selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan uji instrumen data, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas wisata tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengunjung objek wisata Arung Jeram Lukup Badak Takengon artinya H1 ditolak. Selanjutnya untuk variabel daya tarik wisata berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasaan pengunjung objek wisata Arung Jeram Lukup Badak Takengon dan untuk variabel kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasaan pengunjung objek wisata Arung Jeram Lukup Badak Takengon. Kata kunci: Fasilitas wisata, Daya tarik wisata, kualitas layanan, kepuasan pengunjung Indonesia is an archipelagic country so that there are so many tourism potentials that can be created in each region that can attract local and foreign tourists. One of the newest visitor destinations in Central Aceh is rafting, which offers nature�based tourism that can pump up the adrenaline of travelers. This study aims to determine the effect of tourist facilities, tourist attractions and service quality on visitor satisfaction at the Lukup Badak Takengon White Water Rafting Tour. The data in this study are primary data taken from a sample of 100 respondents using nonprobability sampling with accidental sampling techniques. The data in this study were analyzed using multiple linear regression with the SPSS 24 application tool. Furthermore, data analysis was carried out using data instrument tests, classical assumption tests and hypothesis testing. Based on the results of the study, it shows that tourist facilities do not have a significant positive effect on visitor satisfaction at the Lukup Badak Takengon White Water Rafting tourist attraction, meaning H1 is rejected. Furthermore, the variable of tourist attractions has a significant positive effect on visitor satisfaction at the Lukup Badak Takengon White Water Rafting tourist attraction and the variable of service quality has a significant positive effect on visitor satisfaction at the Lukup Badak Takengon White Water Rafting tourist attraction. Keyword : tourist facilities, tourist attractions, quality of service, satisfaction of visitors
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61201 - Jurusan Manajemen |
Depositing User: | hakim maulisa |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 07:14 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 07:14 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5208 |
Actions (login required)
View Item |