Mustafa, Nurhadia (2024) ANALISIS PRINSIP KESANTUNAN DALAM INTERAKSI BERBAHASA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK PERTIWI UJUNG GADING KECAMATAN LEMBAH MELINTANG. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER_NURHADIA MUSTAFA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I Nurhadia.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI_NURHADIA MUSTAFA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

NURHADIA MUSTAFA: Analisis Prinsip Kesantunan dalam Interaksi Berbahasa Anak Usia 4-6 Tahun di TK Pertiwi Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pematuhan dan pelanggaran, faktor-faktor, dan solusi yang dapat dalam mengatasi pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa anak usia 4-6 tahun dalam melakukan interaksi di TK Pertiwi Ujung Gading. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini adalah tuturan dari interaksi berbahasa anak usia 4-6 tahun di TK Pertiwi Ujung Gading. Sumber data penelitian ini adalah anak usia 4-6 tahun, orang tua anak, dan guru kelas. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik simak libat cakap dan teknik wawancara (interview). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan simpulan (conclusion) Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 21 data pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yang terbagi menjadi 8 data maksim kebijaksanaan, 2 data maksim kedermawanan, 2 data maksim penerimaan, 2 data maksim kerendahan hati, 3 data maksim kesetujuan, dan 4 data maksim kesimpatian. 17 data pelanggaran prinsip kesantunan yang terbagi menjadi 12 data maksim kebijaksanaan, 2 data maksim kerendahan hati, dan 3 data maksim kesetujuan. Bentuk pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan paling dominan sering terjadi pada maksim kebijaksanaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesantunan berbahasa anak usia 4-6 dalam melakukan interaksi di TK Pertiwi Ujung Gading adalah faktor hubungan keluarga, lingkungan (interaksi sosial), dan pengaruh media berupa handphone. Solusi dalam mengatasi pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa anak usia 4-6 tahun di TK Pertiwi Ujung Gading dengan mengkondisikan penggunaan bahasa dan membiasakan anak untuk saling bersikap menghargai baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Kata Kunci : prinsip kesantunan, interaksi berbahasa, anak usia 4-6 tahun

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201 - Jurusan Sastra Indonesia
Depositing User: Nurhadia Mustafa NM
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:14
Last Modified: 26 Aug 2024 03:14
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5104

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by