JUMIANI, JUMIANI (2024) RESPONSIVITAS PEMERINTAH DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI KECAMATAN BILAH HULU KABUPATEN LABUHANBATU. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
JUMIANI_200210076_Cover.pdf Download (25kB) |
|
Text
JUMIANI_200210076_Abstrak.pdf Download (151kB) |
|
Text
JUMIANI_200210076_Bab I.pdf Download (599kB) |
|
Text
JUMIANI_200210076_Daftar Pustaka.pdf Download (130kB) |
|
Text
JUMIANI_200210076_Responsivitas Pemerintah Dalam Pengelolaan Sampah di Kecamatan.pdf Restricted to Registered users only Download (21MB) |
Abstract
Responsivitas merupakan daya tanggap atau kemampuan pemerintah untuk menunjukkan keselarasan antara program dan kegiatan serta mengembangkan program-program sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pengelolaan sampah adalah kegiatan yang sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah seperti pengumpulan, pengangkutan, pengelolaan, dan mendaur ulang. Seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Sampah Spesifik. Peraturan Daerah Kabupaten Labuhanbatu Nomor 8 Tahun 2017 tentang pengelolaan sampah. Dan Peraturan Bupati Labuhanbatu Nomor 48 Tahun 2021 tentang pelimpahan sebagian kewenangan pengelolaan sampah kepada camat. Menjelaskan bahwa pemerintah memiliki tugas dan wewenang dalam melakukan pengelolaan sampah di kecamatan yang memiliki tujuan untuk dapat mengurangi jumlah volume sampah yang ada. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan didukung dengan data sekunder, jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari observasi dan pengamatan. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan informasi melalui wawancara, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori Agus Dwiyanto (2012:63) dimana terdapat empat indikator responsivitas yaitu terdapat tidaknya keluhan masyarakat, sikap aparat birokrasi dalam merespon keluhan masyarakat, tindakan aparat birokrasi dalam memberikan kepuasan pelayanan, dan penempatan masyarakat oleh aparat birokrasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak terdapat berbagai keluhan masyarakat mengenai pengelolaan sampah, sikap aparat birokrasi dalam merespon keluhan masyarakat yang kurang responsif, tindakan aparat birokrasi yang sudah ada namun belum sepenuhnya berjalan dengan maksimal, dan penempatan masyarakat dalam sistem pelayanan yang belum berjalan dengan maksimal karena masih kurangnya sosialisasi yang dilakukan. Dari hasil penelitian tersebut bahwa responsivitas pemerintah sangat dibutuhkan untuk membuat program pengelolaan sampah serta dapat meningkatkan kerjasama dengan masyarakat dalam mengatasi permasalahan sampah yang ada guna mengurangi volume sampah yang terjadi di Kecamatan Bilah Hulu. Kata Kuci : Responsivitas, Pemerintah, Pengelolaan Sampah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik |
Depositing User: | Jumiani Jumiani |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 03:11 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 03:11 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5100 |
Actions (login required)
View Item |