Azura, Putri (2024) PENGEMBANGAN E-MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI NEARPOD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL PADA MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover Skripsi_Putri Azur.pdf Download (259kB) |
|
Text
ABSTRAK_Putri Azura.pdf Download (337kB) |
|
Text
BAB I Skripsi_Putri Azura.pdf Download (364kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_Putri Azura.pdf Download (455kB) |
|
Text
SKRIPSI PUTRI AZURA.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggembangkan, mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahR&D dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek peneliti ini adalahpeserta didik kelas X MAN Kota Lhokseumawe yang berjumlah 26 orang.Kelayakan media pembelajaran merujuk pada hasil penilaian media oleh para ahlimedia dan ahli materi, serta uji coba siswa kelompok kecil. Kelayakan terlihat dari hasil penilaian produk oleh ahli media sebesar 95,01% dengan kategori “sangat valid”, hasil persentase penilaian produk oleh ahli materi sebesar 96,98% dengankategori “sangat valid”, dan hasil penilaian produk oleh 9 siswa kelompok kecil sebesar 93,88% dengan kategori “sangat valid”. Berdasarkan hasil penilaian produk oleh semua validator yang menyatakan layak maka media pembelajaran matematika berbasis aplikasi nearpod yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak digunakan untuk peserta didik kelas X MAN Kota Lhokseumawe. Kepraktisan penggunakan produk dinilai dari angket respon peserta didik dengan hasil angket respon peserta didik diperoleh dengan persentase 93,8% dengan kriteria “sangat praktis”. Keefektifan penggunaan produk terlihat dari 26 peserta didik dengan hasil ketuntasan belajar peserta didik melalui instrument tes. Hasil peserta didik yang tuntas yaitu 22 orang dari 4 peserta didik yang tidak tuntas. Produk yang dihasilkan efektif dalam soal pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X MAN Kota Lhokseumawe, terbukti nilai persentase sebesar 84,61% dengan kriteria “sangat efektif”. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan terlihat bahwa produkmedia pembelajaran matematika berbasis aplikasi nearpod yang dikembangkan pada materi Eksponen dan Logaritma sangat layak dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran matematika tingkat SMA/MA. Kata kunci: Nearpod, Media Pembelajaran, Pengembangan, Model SAVI (somatic, audiotory, visual, intellectual)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PUTRI AZURA PUTRI AZURA |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 02:10 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 02:10 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4764 |
Actions (login required)
View Item |