Ummaiya, Reihan (2024) PELAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT DI PUSKESMAS JEUMPA KABUPATEN BIREUEN. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
cover reihan.pdf

Download (177kB)
[img] Text
abstrak reihan.pdf

Download (348kB)
[img] Text
bab I reihan.pdf

Download (444kB)
[img] Text
daftar pustaka reihan.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Skripsi Reihan Ummaiya terbaru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan public menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 adalah segala bentuk kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan pelayanan administrative yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Puskesmas Jeumpa Kabupaten Bireuen serta untuk mengetahui faktor penghambat pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Puskesmas Jeumpa Kabupaten Bireuen. Berdasarkan hasil penelitian dari aspek tangible (bukti fisikk) di Puskesmas Jeumpa dinilai dari indikator kenyamanan tempat pelayanan di Puskesmas Jeumpa Kabupaten Bireuen sudah cukup nyaman, alat-alat medis sudah ada seperti alat USG. Adapun dari aspek reliability (kehandalan) sudah cukup namun masih kekurangan informasi dikarenakan SDM di Puskesmas Jeumpa masih kurang. Berdasarkan aspek responsiviness (ketanggapan) petugas di Puskesmas Jeumpa Kabupaten Bireuen sudah baik, untuk kepedulian dan ketanggapan petugas sudah bagus, pasien dilayani sesuai dengan SOP dan juga sudah mengikuti alur di Puskesmas Jeumpa.Selanjutnya aspek assurance (jaminan) dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari segi jaminan ketepatan waktu dalam pelayanan di Puskesmas Jeumpa sudah cukup bagus, karena untuk jadwal pelayanan bagi pasien yang ingin berobat sudah tertera di Puskesmas. Faktor penghambat pelayanan kesehatan yaitu, dikarenakan SDM atau tenaga kerja di Puskesmas Jeumpa masih kurang, kebanyakan yang berprofesi sebagai bidan, sehingga tidak seimbang. Sehingga dalam memberikan informasi sedikit kurang jelas, dikarenakan petugas bekerja bukan pada bidang nya masing-masing. Selanjutnya tenaga kerja atau petugas tersebut harus menguasai bidang tersebut walaupun itu bukan di bidangnya. Dan terakhir yaitu untuk kesadaran masyarakat akan kesehatan, masih ada masyarakat yang tidak peduli akan kesehatan masing-masing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: S.AP REIHAN UMMAIYA REIHAN
Date Deposited: 19 Aug 2024 09:14
Last Modified: 19 Aug 2024 09:14
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4753

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by