HARAHAP, RAIHAN RAHMADANI (2024) PENGARUH PENERAPAN PERSPEKTIF KEUANGAN, PERSPEKTIF PELANGGAN, PERSPEKTIF PROSES BISNIS INTERNAL, DAN PERSPEKTIF PERTUMBUHAN DAN PEMBELAJARAN (BALANCED SCORECARD) TERHADAP KINERJA MANAJEMEN PADA PT. PLN (PERSERO) ULP PADANGSIDIMPUAN. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover.pdf Download (213kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (188kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (297kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (411kB) |
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran (balanced scorecard) tehadap kinerja manajemen pada PT. PLN (Persero) ULP Padangsidimpuan. Kinerja manajemen dalam penelitian ini diukur menggunakan indikator yang terdiri dari kinerja yang berorientasi pada output, kinerja yang berorientasi pada proses, dan kinerja yang berorientasi pada input. Kemudian perspektif keuangan diukur menggunakan indikator yang terdiri dari perkembangan, bertahan, dan panen. Sementara itu, perspektif pelanggan diukur dengan indikator yang terdiri dari kepuasan pelanggan, customer relationship, dan kecepatan layanan. Selanjutnya, perspektif proses bisnis internal diukur menggunakan indikator yang terdiri dari inovasi, proses operasi, dan layanan purna jual. Serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran diukur menggunakan indikator yang terdiri dari kemampuan pekerja atau karyawan, kemampuan sistem informasi, dan motivasi, pemberdayaan, dan keselarasan individu perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan cara membagikan kuesioner kepada 35 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang terdiri dari uji instrumen data, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif keuangan, perspektif pelanggan, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran berpengaruh terhadap kinerja manajemen pada PT. PLN (Persero) ULP Padangsidimpuan. Sedangkan perspektif proses bisnis internal tidak berpengaruh terhadap kinerja manajemen pada PT. PLN (Persero) ULP Padangsidimpuan. Kata Kunci : Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran, dan Kinerja Manajemen
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 62201 - Jurusan Akuntansi |
Depositing User: | Raihan Rahmadani Harahap |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 04:02 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 04:02 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4705 |
Actions (login required)
View Item |