Andriani, Risma (2004) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM TATA SURYA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (186kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
SKRIPSI RISMA ANDRIANI TERBARU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

RISMA ANDRIANI : Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di SMP Negeri 5 Lhoksemawe Pada Materi Sistem Tata Surya. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Augmented Reality pada materi sistem tata surya di SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi atau Mix Methods jenis Concurrent Embedded (campuran tidak seimbang atau metode kedua memperkuat metode pertama), dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu Nonprobability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII-5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 orang dengan menggunakan model Direct Intruction berbantuan Augmented Reality dan kelas VII-6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Augmented Reality. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan tes soal pilihan ganda yang berjumlah 15. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Augmented Reality secara signifikan dapat meningkatkan Kreativitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis menggunakan uji independent sample test yang memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Artinya H_0 ditolak dan H_a diterima. Berdasarkan hasil lembar observasi kreativitas yang dianalisis mendapatkan perbandingan hasil yaitu kelas eskperimen lebih unggul memperoleh persentase nilai sebesar 71,53% dengan kriteria “kreatif”. Sedangkan kelas kontrol memperoleh persentase nilai sebesar 58,61% dengan kriteria “cukup kreatif” dan berdasarkan angket respon siswa memperoleh persentase nilai sebesar 85,78% dengan kriteria “sangat baik”. Peningkatan kreativitas siswa dapat dilihat melalui rata-rata nilai N-Gain skor. Kelas eksperimen mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,64 yang termasuk dalam kategori “sedang”. Sedangkan pada kelas kontrol didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,44 yang termasuk dalam kategori “sedang”. Hal ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan kreativitas siswa lebih tinggi di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Kata Kunci: Model Project Based Learning (PjBL), Augmented Reality, Kreativitas siswa, Sistem Tata Surya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Risma Andriani
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:42
Last Modified: 15 Aug 2024 08:42
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4559

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by