HUSNA, IKHWAN ANANDA (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI ALAT OPTIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Ikhwan Ananda Husna_190730010_Cover.pdf Download (161kB) |
|
Text
Ikhwan Ananda Husna_190730010_Abstrak.pdf Download (154kB) |
|
Text
Ikhwan Ananda Husna_190730010_BAB I.pdf Download (260kB) |
|
Text
Ikhwan Ananda Husna_190730010_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
|
Text
Ikhwan Ananda Husna_190730010_PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI ALAT OPTIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model PBL berbantuan aplikasi quizizz di SMA Negeri 1 Rantau Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen yang berbentuk nonequivalent Control Group Desain. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 50 peserta didik yaitu 25 peserta didik kelas XI MIA1 sebagai kelas kontrol dan 25 peserta didik kelas XI MIA2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda. Sedangkan pada analisis data menggunakan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas,dan homogenitas, uji hipotesis dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest eksperimen 82,20 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol 76,20. Hasil Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menunjukkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 83,00 dan kelas kontrol 80,00. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji parametrik yaitu independent t-test, diperoleh hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,026 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh model PBL berbantuan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar peserta didik. Sedangkan rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen yaitu 0,72 termasuk kategori tinggi. Selain itu peserta didik pada kelas eksperimen juga diberikan angket respon terhadap pembelajaran yang telah dilakukan, dan didapat hasil rata rata dari angket respon tersebut yaitu 90,73%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menerapkan model PBL berbantuan aplikasi quizizz.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
Depositing User: | IKHWAN ANANDA |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 06:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 06:13 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4545 |
Actions (login required)
View Item |