Muntasir, Aqil (2024) PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN OBJEK GEOMETRI MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING (MBT) BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
SKRIPSI AQIL MUNTASIR_190170026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran di Sekolah Dasar telah menjadi fokus perhatian dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menggagas penerapan Teknologi Augmented Reality untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dalam memahami pengenalan objek geometri, dengan menggunakan Metode Marker Based Tracking (MBT) berbasis Android di Sekolah Dasar SDN 14 Dewantara. Penelitian ini mengintegrasikan konsep Augmented Reality (AR) denganMarker Based Tracking (MBT), memungkinkan pengguna untuk melihat objek geometri dalam lingkungan nyata melalui perangkat Android mereka. Metode Marker Based Tracking (MBT) digunakan untuk mendeteksi dan melacak marker objek geometri, sementara teknologi Augmented Reality (AR) menyajikan informasi tambahan secara real-time, meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini melibatkan tahap desain, pengembangan, dan evaluasi aplikasi AR berbasis Android khusus untuk pembelajaran geometri di tingkat Sekolah Dasar. Evaluasi dilakukan melalui uji coba terhadap siswa SD N 14 Dewantara untuk mengevaluasi efektivitas dan kegunaan aplikasi dengan hasil percobaan terbaik dengan jarak percobaan 15 cm, 20 cm dan 25 cm dimana marker terdeteksi dengna baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Teknologi Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam pembelajaran objek geometri di Sekolah Dasar. Dimana terdapat 18 dari 20 siswa atau setara dengan 90% siswa merasa terbantu dengan aplikasi ini . Aplikasi yang dikembangkan memberikan kontribusi sebagai media pembelajaran inovatif dan efektif yang sesuai dengan kebutuhan kontekstual di lingkungan pendidikan Sekolah Dasar. Kata kunci : Marker Based Tracking (MBT), Teknologi Augmented Reality (AR), Objek Geometri, Bangun Ruan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik > 55201 - Jurusan Teknik Informatika
Depositing User: Aqil Aqil Muntasir
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:13
Last Modified: 15 Aug 2024 03:13
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4514

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by