HANJAYATI, SRI PUTRI (2024) REALITAS PENDIDIKAN ANAK YANG TERTINGGAL PADA MASYARAKAT PESISIR (Studi Kasus di Gampong Ujong Blang Kecamatan Banda Sakti Lhokseumawe). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
cover .pdf Download (13kB) |
|
Text
aabstrak.pdf Download (16kB) |
|
Text
Bab 1 pendahuluan.pdf Download (256kB) |
|
Text
dapus.pdf Download (239kB) |
|
Text
file full skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang Realitas Pendidikan Anak Yang Tertinggal Pada Masyarakat Pesisir (Studi Kasus di Gampong Ujong Blang Kecamatan Banda Sakti Lhokseumawe). Permasalahan penelitian pada bagaimana realitas pendidikan anak di Gampong Ujong Blang dan bagaimana aspek sosial ekonomi masyarakat pesisir pada realitas pendidikan anak di pengaruhi oleh berbagai factor yang saling terkait, yaitu Kemiskinan yang dimana masyarakat pesisir sering kali hidup dalam kondisi ekonomi yang sulit, dengan pendapatan yang rendah dan tidak stabil. Kemiskinan mempengaruhi kemampuan keluarga untuk membiayai pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan teori Konstruksi Sosial dari Peter L. Berge dan Thomas Lucman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Realitas pendidikan pada masyarakat pesisir adalah sebagai berikut: (a) Pendidikan yang tertinggal; (b) Kurang tersedia fasilitas sekolah; (c) Rendahnya motivasi untuk sekolah. Sedangkan aspek social ekonomi masyarakat pesisir terkait dengan hal-hal sebagai berikut: (a) Kondisi lingkungan permukiman; (b) Kesehatan; (c) Akses terhadap sarana dan prasarana. Kata Kunci : Pendidikan Anak, Masyarakat Pesisir, Putus Sekolah ABSTRACT This research examines the educational reality of children who are left behind in coastal communities (Case study in Gampong Ujong Blang, Banda Sakti District, Lhokseumawe). The research problem is on how the reality of children's education in Gampong Ujong Blang and how the socio-economic aspects of coastal communities in the reality of children's education are influenced by various interrelated factors, namely Poverty where coastal communities often live in difficult economic conditions, with low and unstable incomes. Poverty affects the family's ability to finance children's education. This research uses the Social Construction theory from Peter L. Berge and Thomas Lucman. The research method used in this research is a qualitative method. The results of this study show that the reality of education in coastal communities is as follows: (a) Education that is left behind; (b) Lack of available school facilities; (c) Low motivation for schools. While the socio-economic aspects of coastal communities are related to the following things: (a) Environmental conditions of settlements; (b) Health; (c) Access to facilities and infrastructure. Keywords: Children Education, Coastal Society, School Dropout
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201 - Jurusan Sosiologi |
Depositing User: | Sri Putri Hanjayati |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 07:34 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 07:34 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4474 |
Actions (login required)
View Item |