Mutoi, Amrisyah (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PERBEDAAN HARGA PADA LABEL RAK BARANG DENGAN NOTA PEMBAYARAN (Studi Penelitian di Suzuya Lhokseumawe). S1 thesis, Universitas malikussaleh.
Text
Cover SKRIPSI AMRISYAH MUTOI.pdf Download (72kB) |
|
Text
Abstrak Skripsi Amrisyah mutoi .pdf Download (176kB) |
|
Text
Bab 1 skripsi Amrisyah mutoi.pdf Download (324kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Amrisyah mutoi .pdf Download (273kB) |
|
Text
SKRIPSI AMRISYAH MUTOI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Mel nul rul t Pasal 1 ayat (1) UUPK, perlindungan konsumen diartikan sel bagai sel gala ul saha yang mel njamin kel pastian hul kul m ul ntul k mel mbel rikan pel rlindul ngan kel pada konsul mel n. Dalam industri perdagangan sering ditemukan kesalahan pada label rak barang dengan daftar harga yang ada pada mesin kasir. Kasus seperti ini sering terjadi di berbagai pusat perbelanjaan salah satunya di Suzuya Lhokseumawe. Pelaku usaha sendiri memiliki kewajiban untuk memberikan informasi yang benar dan jelas sesuai ketentuan Pasal 7 UUPK. Disisi lain pada Pasal 4 huruf b UUPK Konsumen memiliki hak kebebasan dalam mendapat dan memilih produk atau jasa, tergantung pada nilai tukar mata uang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana implementasi perlindungan hukum dan pertanggung jawaban yang dilakukan pihak Suzuya Lhokseumawe sebagai pelaku usaha enegenai perbedaan harga pada label rak barang dengan nota pembayaran di Suzuya Lhokseumawe. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris kemudian Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan penelitian lapangan guna memperoleh data primer melalui wawancara. Hasil penelitian yang didapatkan adalah Suzuya Lhokseumawe memberikan perlindungan hukum dengan menerapkan perlindungan hukum yang bersifat preventif (pencegahan) yatu pelayanan perlindungan dengan penempatan informasi pengumuman bertuliskan “harga yang tertera di rak merupakan harga yang sebenarnya apabila terdapat selisih harga maka konsumen dapat menghubungi customer service”, penyampaian pengumuman informasi ini diletakan diberbagai rak pada barang yang ada di Suzuya selain itu sebagai upaya perlindungan lainnya terhadap konsumen, pihak Suzuya menyampaikan informasi perlindungan yang ada pada nota pembayaran yang tertera nomor customer service untuk dihubungi apabila terjadinya selisih. Tanggung jawab pihak Suzuya Lhokseumawe memberikan ganti rugi baik pengembalian uang sesuai dengan jumlah selisih harga barang yang ada dirak dengan nota pembayaran dan memberikan hak kepada konsumen untuk mendapatkan harga terkecil sesuai dengan apa yang dia lihat di rak barang sebelumnya. Saran kepada semua pihak Suzuya Lhokseumawe selalu mengutamakan kepuasan konsumen harus bersikap adil dan jujur kepada konsumen agar permasalahan selisih harga tersebut tidak terulang kembali dan penyertaan tutorial terhadap alat prizechecker untuk mempermudah konsumen. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Konsumen, Harga barang, Nota Pembayaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum, Konsumen, Harga barang, Nota Pembayaran. |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > 74201 - Program Studi Ilmu Hukum |
Depositing User: | Amrisyah Mutoi |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 01:33 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 01:33 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4448 |
Actions (login required)
View Item |