Gustri, Shania Alifya (2024) PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA TSUNAMI PADA GURU SD NEGERI 8 DAN SD NEGERI 20 BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
COVER.pdf Download (102kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (116kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (159kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
Text
SKRIPSI SHANIA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang rawan akan terjadinya bencana alam termasuk tsunami, salah satu kejadian tsunami dahsyat di Indonesia adalah tsunami Aceh tahun 2004. Hal ini mengakibatkan timbulnya 227.898 korban jiwa dan kerusakan wilayah Aceh termasuk Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Salah satu faktor banyaknya korban akibat bencana tsunami merupakan tingkat pengetahuan mengenai kesiapsiagaan. Pemberian edukasi kesiapsiagaan bencana tsunami dapat dimulai dari masyarakat sekolah yaitu tenaga pengajar di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi terhadap kesiapsiagaan tsunami guru SD Negeri 8 dan SD Negeri 20 Banda Sakti. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen yang bersifat quasi eksperimental dengan responden berjumlah 50 orang. Sampel diambil menggunakan total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum pemberian edukasi mayoritas responden berada pada kategori sedang dan rendah (46%), sedangkan sesudah pemberian edukasi responden terbanyak berada pada kategori tinggi (94%). Hasil analisis statistik yang diuji menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan p value < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh signifikan antara pemberian edukasi terhadap kesiapsiagaan bencana tsunami pada guru SD Negeri 8 dan SD Negeri 20 Banda Sakti.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > 11201 - Program Studi Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Shania Alifya Gustri |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 04:25 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 04:25 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/444 |
Actions (login required)
View Item |