OKTAVIANY, DEA (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMODINAMIKA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
DEA OKTAVIANY_200730002_COVER.pdf Download (35kB) |
|
Text
DEA OKTAVIANY_200730002_ABSTRAK.pdf Download (94kB) |
|
Text
DEA OKTAVIANY_200730002_ BAB I.pdf Download (98kB) |
|
Text
DEA OKTAVIANY_200730002_Daftar Pustaka.pdf Download (100kB) |
|
Text
DEA OKTAVIANY_200730002_Pengembangan LKPD Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Termodinamika.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Dalam mencapai tujuan dari pembelajaran diperlukan adanya bahan ajar yang dijadikan sebagai pedoman dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Peranan bahan ajar dalam pembelajaran sangat penting dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Bahan ajar yang dimaksud peneliti adalah bahan ajar berupa LKPD berbasis STEM yang meliputi berbagai aspek bidang ilmu yang dirangkum dalam suatu kegiatan pembelajaran fisika serta dapat mempermudah peserta didik dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru secara runtut dan sistematis. Adapun tujuan yang dilakukan penelitian yaitu: 1) Mengetahui kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis STEM pada materi termodinamika kelas XI. 2). Mengetahui respon guru dan peserta didik dalam menggunakan LKPD berbasis STEM pada materi termodinamika. 3). Mengetahui besar peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis STEM. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and developmen (R&D) dengan desain pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 MAS Syamsuddhuha. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket kelayakan dan kepraktisan yang akan diberikan oleh ahli materi, media dan diberikan kepada guru bidang studi fisika serta peserta didik kelas XI IPA 2 MAS syamsuddhuha. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa ahli materi mendapatkan persentase kelayakan sebesar 88,6% dengan kategori sangat layak, ahli media didapatkan hasil persentase sebesar 92,3 % dengan kategori layak dan respon guru yaitu persentase sebesar 86 % dengan kategori sangat praktis. Hasil uji coba produk skala kecil persentase sebesar 86,9 % dengan kategori sangat praktis. dan hasil uji coba produk skala besar presentase sebesar 84% dengan kategori sangat praktis. Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik juga ditunjukkan berdasarkan hasil uji N-gain kelas eksperimen sebesar 0,72 atau dengan persentase sebesar 72% masuk dalam kategori “Tinggi”. Dan hasil uji N-gain kelas kontrol sebesar 0,41 dengan persentase 41% dengan kategori “Sedang”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis STEM yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak dan praktis diterapkan di sekolah guna untuk meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik pada materi termodinamika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
Depositing User: | DEA OKTAVIANY |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 02:22 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 02:22 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4233 |
Actions (login required)
View Item |