Utami, Putri (2024) Pemanfaatan Penambahan Limbah Inner-Tube Rubber dan Penggunaan Abu Cangkang Kemiri Sebagai Substitusi Filler Pada Campuran AC-WC. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Putri Utami_200110151_Cover.pdf Download (90kB) |
|
Text
Putri Utami_200110151_Abstrak.pdf Download (63kB) |
|
Text
Putri Utami_200110151_Bab I.pdf Download (74kB) |
|
Text
Putri Utami_200110151_Daftar Pustaka.pdf Download (132kB) |
|
Text
Putri Utami_200110151_Pemanfaatan Penambahan Limbah Inner-Tube Rubber dan Penggunaan Abu Cangkang Kemiri Sebagai Substitusi Filler Pada Campuran AC-WC.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Berbagai permasalahan yang terjadi terhadap kerusakan aspal di Indonesia memicu timbulnya inovasi baru untuk menangani masalah yang ada salah satunya dengan meningkatkan kualitas aspal dengan cara penambahan zat tambah (additive) maupun substitusi pada komposisi agregat. Penggunaan Limbah Inner-tube Rubber sebagai bahan tambah dan Abu Cangkang Kemiri sebagai substitusi filler menjadi salah upaya agar tercapainya tujuan tersebut dan diharapkan dapat mengurangi limbah yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan bahan tambah inner-tube rubber dengan variasi 0%, 1%, 2%, 3%, 4%, 5% dari berat aspal dan substitusi filler abu cangkang kemiri dengan kadar 25% terhadap berat filler. Limbah inner-tube rubber yang dipakai di dapat dari bengkel yang ada di Lhokseumawe dan abu cangkang kemiri yang digunakan berasal dari limbah usaha pedagang kemiri yang berada di Krueng Grukuh, Lhokseumawe. Pembuatan benda uji menggunakan campuran AC-WC dengan jumlah total 18 benda uji kemudian diuji menggunakan metode marshall. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penggunaan limbah inner-tube rubber dan abu cangkang kemiri sangat berpengaruh terhadap nilai parameter marshall. Dengan Kadar Aspal Optimum 6%, diperoleh kadar variasi terbaik pada 3% bahan tambah inner-tube rubber dan 25% substitusi abu cangakang kemiri sebaagai filler dengan nilai density 2,341 gr/cm3, VMA 15,50%, VIM 4,36%, VFA 71,87% , stability 1730,79 kg, flow 3,36 mm dan MQ 565,01 kg/mm yang memenuhi Spesifikasi Bina Marga Tahun 2018 Revisi 2.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil |
Depositing User: | Putri Utami |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 08:30 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 08:30 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4132 |
Actions (login required)
View Item |