Rahmadi, M. Aditya (2024) Analisis Pondasi Monopile pada Struktur Turbin Angin Lepas Pantai (Offshore). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
M. Aditya Rahmadi_200110079_Cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
M. Aditya Rahmadi_200110079_Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
M. Aditya Rahmadi_200110079_BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
M. Aditya Rahmadi_200110079_Daftar Pustaka.pdf

Download (250kB)
[img] Text
M. Aditya Rahmadi_200110079_Analisis Pondasi Monopile pada Struktur Turbin Angin Lepas Pantai (Offshore).pdf
Restricted to Registered users only

Download (58MB)

Abstract

Jawa Tengah merupakan salah satu Provinsi dengan potensi pemanfaatan energi angin terbesar di Indonesia dengan potensi 8,56 Giga Watt. Pemanfaatan energi angin melalui pembangunan offshore wind turbine (OWT) dapat membantu memenuhi kebutuhan energi listrik di Jawa Tengah. Struktur pondasi monopile sejauh ini merupakan konsep pondasi yang paling banyak digunakan secara global dan dibangun pada kedalaman laut kurang dari 40 meter. Pembangunan OWT di Perairan Sayung direncanakan menggunakan pondasi monopile. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan pondasi monopile yang dapat memenuhi kapasitas daya dukung tanah serta mengevaluasi stabilitas pondasi menggunakan kombinasi beban angin ekstrim dan gelombang ekstrim. Analisis dilakukan dengan mempertimbangkan variasi diameter, ketebalan dan panjang tertanam monopile. Lapisan tanah di perairan Sayung terdiri very soft clay hingga very stiff clay. Perencanaan pondasi monopile dilakukan dengan beberapa tahapan berdasarkan kriteria desain berlandaskan limit state design, yaitu ultimate limit state (ULS), serviceability limit state (SLS) dan fatigue limit state (FLS). Hasil dari penelitian ini ditemukan dimensi monopile yang optimal agar memenuhi defleksi dan rotasi. Berdasarkan hal tersebut diameter, ketebalan, dan panjang pile masing-masing adalah 3,25 m; 0,042 m; dan 52,8 m. Diameter dan panjang tertanam monopile memiliki pengaruh signifikan terhadap daya dukung pondasi serta defleksi dan rotasi. Dengan bertambahnya diameter dan panjang tertanam monopile, maka daya dukung pondasi akan meningkat serta defleksi dan rotasi akan berkurang. Peningkatan diameter dan ketebalan dinding pile akan meningkatkan resistensi terhadap tegangan maksimum.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: M. ADITYA RAHMADI
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:35
Last Modified: 08 Aug 2024 02:20
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3890

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by