nurjanah, ayu (2022) Perancangan E-Modul Workshop Equipment Sebagai Media Pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif di Kelas X TKR SMK Negeri 4 Lhokseumawe. S1 thesis, Universiras Malikussaleh.
Text
AYU NURJANAH_170750020_Cover.pdf Download (49kB) |
|
Text
AYU NURJANAH_170750020_Abstrak.pdf Download (117kB) |
|
Text
AYU NURJANAH_170750020_Bab 1.pdf Download (404kB) |
|
Text
AYU NURJANAH_170750020_Daftar Pustaka.pdf Download (116kB) |
|
Text
AYU NURJANAH_170750020_Perancangan E-Modul Workshop Equipment Sebagai Media Pembelajaran Pekerjaan DasarTeknik Otomotif Di Kelas X TKR SMK Negeri 4 Lhokseumawe.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau dikenal dengan Research And Development (R&D) yang berbasis R&D dengan menggunkan bantuan aplikasi flip builder atau flip pdf professional dalam pembuatan e-modul yang bertujuan untuk Mengetahui perancangan e-modul Workshop Equipment Sebagai media pembelajaran SMK Negeri 4 Lhokseumawe serta Menguji tingkat kelayakan e-modul Workshop Equipment Sebagai Media Pembelajaran SMK Negeri 4 Lhokseumawe. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif, karena jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilakukan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Objek dalam penelitian ini adalah Siswa dan e-modul yang digunakan dalam pembelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif materi workshop equipment. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi serta menggunakan instrumen penelitian berupa kuisioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif dengan memaparkan hasil perancangan produk berupa e-modul, berupa angket kelayakan dan kesesuaian produk untuk diimplementasikan pada materi workshop equipment. Hasil analisis menggunakan lembaran validasi ahli, lembaran respon pendidik Hasil penelitian yang diperoleh yaitu untuk hasil validasi media persentase yang didapat sebesar 86% dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji materi oleh validator ahli didapati rata-rata hasil sebesar 93% dengan kategori “sangat layak”. hasil validitas angket sebanyak oleh siswa didapat persentase rata-rata sebesar 82% dengan kategori “cukup efektif”. Maka dapat dismpulkan bahwa produk media pembelajaran e-modul pada pembelajaran pekerjaan dasar Teknik otomotif di kelas X TKR di di SMK Negeri 4 Lhokseumawe layak digunakan sebagai media pembelajaran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 83203 - Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin |
Depositing User: | Ayu Ayu Nurjanah Ayu Nurjanah |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 02:46 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 02:46 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3800 |
Actions (login required)
View Item |