Ulfa Maghfira, Ulfa (2024) PELAYANAN PENGGUNAAN KARTU JKN DI POLI PENYAKIT DALAM (STUDI RUMAH SAKIT TK IV IM 07.01 KOTA LHOKSEUMAWE). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
ULFA_MAGHFIRA_(180210186)_COVER.pdf

Download (113kB)
[img] Text
ULFA_MAGHFIRA_(180210186)_ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
ULFA_MAGHFIRA_(180210186)_BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
ULFA_MAGHFIRA_(180210186)_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Ulfa Maghfira (180210186).pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah penelitian terkait dengan pelayanan penggunaan Kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang masih belum efektif. Proses pendaftaran yang masih lambat dikarenakan lamanya memulai proses pendaftaran akibat adanya apel dan sarapan pagi, ditambah dengan lamanya dokter spesialis masuk ke poli, dan masih ada fasilitas yang kurang memadai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Parasuraman, Zeithaml, dan Berry, yaitu tentang Pelayanan dari aspek Assurance, Tangible, dan Responsiviness. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif. Data yang digunakan adalah data Primer dan data Sekunder, Data primer sebagai informan adalah Kepala Instalasi Rawat Jalan, Manager Pelayanan Pasien, Pegawai Poli Dalam, Pegawai Loket JKN, Tenaga Medis, Pegawai Ruang IGD, Petugas Kebersihan, Masyarakat, dan pasien. Sedangkan data sekunder dilakukan melalui penelusuran kepustakaan, jurnal, dan karya ilmiah lainnya. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keseluruhan data yang didapat dianalisa dengan cara redukasi data, kemudian disajikan agar mudah dipahami dan ditemukan kesimpulannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan penggunaan kartu JKN di Poli Penyakit Dalam pada pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik, namun masih ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki guna memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan pasien. Adapun faktor ketidakefektifan pelayanan penggunaan kartu JKN di Poli Penyakit Dalam karena masih ada beberapa indikator yang belum berjalan dengan harapan pasien seperti sarana dan prasarana yang terbatas, ketidakseimbangan antara jumlah perawat dengan jumlah pasien yang berkunjung, pelayanan yang diberikan kurang tanggap disebabkan adanya apel pagi dan jadwal dokter yang tidak sesuai dengan jam yang telah dijanjikan. Namun secara umum dapat disimpulkan bahwa Rumah Sakit TK.IV IM 07.01 Kota Lhokseumawe sudah menunjukan Pelayanan Kesehatan yang cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: Ulfa Maghfira Banta
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:38
Last Modified: 05 Feb 2024 07:38
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by