Iqbal, M. (2024) ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE SURFACE DISTRESS INDEX (SDI), PEVEMENT CONDITION INDEX (PCI), DAN METODE BINA MARGA SERTA ALTERNATIF PENANGANANNYA (Studi Kasus : Jalan Sp. Elak Iain Lhokseumawe – Sp. Keuramat). S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
M. Iqbal 180110137.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Jalan Elak termasuk kedalam sistem jaringan jalan arteri primer dengan jenis aspal AC-WC yang mana jalan tersebut dapat dilalui oleh kendaraan dengan muatan sumbu terberat yang lebih dari 10 ton dan kecepatan kendaraan yang melalui jalan tersebut rata-rata tinggi. Jalan Elak juga merupakan jalan alternatif yang dibangun oleh PEMDA Aceh Utara untuk menghindari macet yang terjadi di ruas jalan nasional di Kabupaten Aceh Utara, terutama ruas jalan yang melalui Proyek Vital Lhokseumawe dan sekitarnya yang sekarang disebut Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis – jenis dan tingkat kerusakan pada ruas jalan tersebut. Penelitian dilakukan dengan cara survei untuk mendapatkan data primer sehingga dapat dijadikan acuan untuk penanganan pemeliharaan perkerasan jalan. Metode yang digunakan adalah metode (SDI) Metode Surface Distress Index, PCI (pavement condition index) dan metode Bina Marga. Pada ruas Jalan Elak Iain Lhokseuawe – Sp. Keuramat STA 0+000 s/d 2 +500 didapatkan jenis kerusakan retak kulit buaya, amblas, lubang, retak memanjang, benjol dan turunan, retak pinggir, dan kerusakan tambalan dengan nilai rata – rata SDI 16,04 dengan kondisi baik, nilai rata – rata PCI 66,42 yang masuk kedalam kategori baik. Metode Bina Marga didapat nilai urutan prioritas 7,96 yang masuk ke dalam program pemeliharaan rutin. Penanganan yang dilakukan mengacu kepada buku Petunjuk Praktis Pemeliharaan Rutin Jalan (1992) berupa pengaspalan (P2), mengisi retakan (P4), Penambalan lubang (P5), Perataan (P6). Maka jalan tersebut harus segera dilakukan perbaikan agar kerusakan tidak semakin parah. Kata Kunci: Kerusakan jalan, Surface Distress Index (SDI), Pavement Condition Index (PCI), Bina Marga, Penanganan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil |
Depositing User: | ST iqbal nurul |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:02 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:02 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3711 |
Actions (login required)
View Item |