AMELIA, ARITA (2024) Media Pembelajaran Interaktif Ekosistem Makhluk Hidup (Ekos-AR) Dengan 3D Augmented Reality Untuk Siswa Kelas 5 SD (Studi kasus: SDN Kaloy Tamiang Hulu). S1 thesis, universitas malikussaleh.
Text
COVER ARITA.pdf Download (129kB) |
|
Text
ABSTRAK ARITA.pdf Download (11kB) |
|
Text
BAB I ARITA.pdf Download (127kB) |
|
Text
DAPUS ARITA.pdf Download (232kB) |
|
Text
TUGAS AKHIR Arita Amelia GA SALAH LAGI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi pada saat ini sangat berkembang pesat, banyak teknologi canggih yang bisa digunakan dan dimanfaatkan salah satu nya untuk membantu dalam dunia pendidikan. Augmented Reality merupakan salah satu teknologi yang dapat membantu dalam proses pembelajaran, yaitu aplikasi yang dibuat menggunakan Unity 3D dan vuforia SDK yang dijalankan pada perangkat smartphone atau tablet Androit. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan pada SDN Kaloy Tamiang Hulu pada kelas 5 SD, bahwasannya siswa kelas 5 sekolah dasar tersebut mengatakan tidak mudah dalam mempelajari mata pelajaran biologi, yaitu termasuk ekosistem makhluk hidup yang terdiri dari rantai makanan dan piramida. Dengan fasilitas yang terbatas yaitu guru hanya menggunakan buku saja sebagai media pembelajaran, siswa menjadi sering bosan dan sulit memahami materi dikarenakan tidak adanya media tambahan seperti alat teknologi yang dapat membantu proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk membantu guru dalam proses mengajar agar dapat menambah minat belajar siswa untuk jadi lebih tertarik dan tidak membosankan. Pada penelitian ini menggunakan metode waterfall yang terdapat 5 tahapan yaitu, analisa, design, code program, pengujian dan pemeliharaan. Dengan menggunakan metode waterfall, peneltian media pembelajaran interaktif ini dapat dilakukan secara sistematik dan terstruktur untuk menjadikan hasil yang bermanfaat bagi siswa kelas 5 SD. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi mobile berbasis Augmented Reality dengan materi ekosistem makhluk hidup yang terdiri dari rantai makanan dan piramida yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran agar lebih menjadi interaktif dan tidak membosankan. Dengan menggunakan pengujian blackbox testing agar mengetahui semua fitur aplikasi sudah valid dan melakukan pengisian kuisoner yang dilakukan oleh siswa untuk mendapatkan hasil tanggapan aplikasi tersebut dari siswa. Dan dengan hasil 80% siswa sangat setuju dengan aplikasi Augmented Reality ekosistem makhluk hidup. Kata kunci : Augmented Reality, pembelajaran interaktif, ekosistem
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
Depositing User: | Arita Amelia Arita Amelia |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 06:47 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 06:47 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3480 |
Actions (login required)
View Item |