RAMADHANI, NIA (2024) EFEKTIVITAS PELAYANAN PENDAFTARAN BERBASIS ONLINE MELALUI APLIKASI JKN MOBILE DI RS UMUM JEUMPA HOSPITAL KABUPATEN BIREUEN. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
SKRIPSI_NIA RAMADHANI_200210130(1).pdf

Download (85kB)
[img] Text
SKRIPSI_NIA RAMADHANI_200210130(2).pdf

Download (94kB)
[img] Text
SKRIPSI_NIA RAMADHANI_200210130(3).pdf

Download (223kB)
[img] Text
SKRIPSI_NIA RAMADHANI_200210130(4).pdf

Download (80kB)
[img] Text
SKRIPSI_NIA RAMADHANI_200210130.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Aplikasi Mobile JKN merupakan kanal layanan tanpa tatap muka berbasis digital untuk memfasilitasi peserta dalam mendapatkan informasi dan layanan administrasi kepesertaan yang berkaitan dengan program Jaminan Kesehatan Nasional, dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam bentuk Aplikasi melalui telepon pintar (smartphone) berbasis Android dan iOS, yang dapat diunduh melalui Google Playstore atau Apps Store. Namun, dalam pemakaiannya masih ada kendala atau permasalahan yaitu seperti kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pemakaian aplikasi JKN Mobile serta masyarakat merasa sulit untuk mengakses aplikasi tersebut akibat tinggal di daerah pedesaan yang sulit mendapatkan sinyal, masih banyak masyarakat yang belum memakai hp anrdroid, dan memori hp peserta yang tidak memadai. Kendala dan permasalahan tersebut menyebabkan masyarakat tidak menggunakan atau memanfaatkan aplikasi JKN Mobile. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pelayanan berbasis online melalui aplikasi JKN Mobile di rumah sakit umum jeumpa hspital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan berbasis online melalui aplikasi JKN Mobile di Rumah sakit umum jeumpa belum sepenuhnya efektif. karena masih ditemukan kendala yang menyebabkan masyarakat kurang dalam penggunaan aplikasi Mobile JKN di Rumah sakit jeumpa hospital kabupaten Bireuen. Serta kurangnya sosilisasi dari pihak rumah sakit terkait dengan hadirnya pelanan berbasis online melalui aplikasi JKN Mobile. Kata Kunci: pelayanan publik, efektivitas pelayanan, aplikasi Mobile JKN

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: Nia ramadh Nia Ridhwan
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:24
Last Modified: 22 Jul 2024 02:24
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3415

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by